Skip to main content

apa kiranya

Apa yang hendak dilakukan seorang pria bila dia telah mengecewakan ratusan wanita, tidak, bukan hanya para wanita itu, tetapi juga dirinya sendiri. Pria itu telah mengecewakan dirinya sendiri.

Kemudian dia mengurung diri dalam ruang persegi 3x2,5 meter, merenung memikirkan hal-hal yang belum terjadi dan tentang kemungkinan-kemungkinan kejadian di masa depan.
Dia hanya ingin menjadi orang yang baik dan ramah. Tapi dia telah mengecewakan semuanya. Dia menyadari bahwa untuk menjadi orang baikpun harus ada yang membencinya.

Sebaik apapun berkehidupan di dunia, pasti akan mengecewakan makhluk-makhluk di sekitarnya. Kecewa itu hal yang pasti, tetapi menjadi baik adalah pilihan.

Lalu bagaimana jika dia ingin baik kepada semua orang? Tidak bisakah? Tidak bisa! Dia harus memilih salah satu, pilihan itu harus tepat karena pasti akan mengecewakan sisanya.

Lalu bagaimana jika dia salah memilih orang? Maka dia akan menambah dua orang lagi untuk dikecewakan, dirinya dan pilihannya itu.

Maka bukankah berarti dia orang yang jahat kalau begitu? Jadi, apakah harus menjadi baik apabila kelak akan menjadi jahat? Tapi, baik dan jahat bukanlah hal yang mutlak, itu relatif.

Jika percayamu itu baik untuk dilakukan, maka lakukanlah, meskipun itu menyakitkan. Memang mengetahui sebuah rahasia bisa menyenangkan ataupun menyedihkan.

Tapi setidaknya itu lebih baik daripada terus menerus menyimpannya dalam ketakutan dan kebohongan. Bayangkan dia hidup dalam itu. Akan murung raut wajahnya.

Saat-saat kebingungan adalah saat yang paling romantis untuk memikirkan kehidupan. Tentang bagaimana akan berlanjut atau berhenti. Tentang menyakiti atau disakiti.

Menurutku, lebih baik dia banyak-banyak disakiti daripada menyakiti. Serius. Berhubung dengan orang apalagi hanya untuk kesedihan adalah suatu yang tak diharapkan.

Kini pria itu berharap untuk bisa membahagiakan semua orang, tak apa bila dia sendiri tak bahagia. Tapi yakinkah dia tidak akan ada kecemburuan di antara mereka?


Tapi, mungkinkah dia bisa membahagiakan orang-orang bila dia sendiri tidak bahagia?

22-07-17

Comments