Skip to main content

Mukadimah Anak Punk

Selamat siang ya bapak-bapak ibu-ibu, ya saya di sini cuma numpang nulis ya, daripada saya nodong ya rampok ya bunuhh orang lagi ya masuk penjara lebih baik saya menulis ya! Seribu dua ribu tidak membuat anda miskin ya dan tidak membuat saya kaya ya. Apa salahnya kalau kita membantu sesama ya pak-bapak bu-ibu.

*bismillah* “SUNGGUH KU MENYESAL TELAH MENGENAL DIA, DAN AKU KECEWA PERNAH MENYAYANGINYA, DAN AKU TAK AKAN MENGULANG KEDUA KALINYA.”

Yaaaaaaak!

Saya mau coba untuk membuat Mukadimah yang baik dan sedikit benar untuk para Punk Rock Jalanan. Biasanya para Punk Rock Jalanan (selanjutnya disingkat menjadi PRJ) melakukan pekerjaannya di dalam restoran atau warung makan atau apa aja yang ada orangnya di pinggir jalan. Dari survey yang saya lakukan di dalam hati dan dalam pikiran saya sendiri, 80% orang yang mendengar pembukaan PRJ ketika ngamen adalah TIDAK SUKA/NYAMAN, 10% orang mengaku suka padahal budek, 10% orang biasa saja karena sudah bayar makan dan mau pulang. Bagaimana bisa begitu? Apakah PRJ memang tidak disukai? Ataukah PRJ menakutkan sekali? O tida, karena di dalam kalimat pembukaan PRJ, ada kalimat yang intimidatif, berisik, bicara tidak teratur dan tidak terstruktur, pakaian kurang rapih malah terkadang bau, dan SONGONG!

Akhirnya, kita sebagai penonton dan pendengar yang pasrah, karena mau nolak kaga bisa, mau dengerin kaga nyaman, yaudah kita kasih aja seribu dua ribu biar PRJ cepat pergi. Tapi PRJ tidak merasa terhina, pokoknya dia dapat duit, yasudah dia pergi. Nah, bagaimanakah caranya agar kedua belah pihak saling menguntungkan dan tidak ada yang teraniaya? Semisal, saya kasih ke kalian sekian uang karena saya mengapresiasi suara/musik kalian, dan kalian menerima uang saya karena telah berhasil menunjukan kemampuan yang terbaek.

1.  Berpakaian rapi dan wangi. Lu kalo punya baju koko, pake aja, jadinya lu terkesan “wah PRJ mau tobat nih” jadi lu bisa menarik perhatian orang-orang, dan ikut bantuin sodaqoh ke elu. Kalo ga punya baju koko, pake suit&tie juga boleh deh. Kalo ga ada juga, yaudah, pake pakaian dinas PRJ seperti biasanya. Nah, selanjutnya ya lo harus wangi. Bisa bedain kan mana wangi mana bau kuah sampah? Lu kalo ga punya pewangi, cari cara apa kek. Contoh, lu mandi pake aer cucian laundry, tiap mau nyanyi lu kunyah kamper Bagus, sampoan pake oli samping RX-King, dan pake skincare one push Vape. Biar apa? Biar orang-orang yang denger lu nyanyi bisa fokus ke suara elu, bukan fokus nyalah-nyalahin orang lain siapa nih nginjek bangke rusa?

2. Mukadimah dengan baik, ramah, dan sopan. Kalo biasanya lu-lu pada betingkah aje mau diliat “wow” dan ditakuti orang-orang, wes e wes eee wes, lu salah cuy. Cay ciy cuy. Lebih baik lu melakukan mukadimah dengan yang membuat orang-orang nyaman. Pertama, lu salam pembukaan mencakup semua agama, kalo mau singkat bisa salam seperti ini “selamat malam warrahmatullahi wabarakatuh” sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan kompaq! Jadi, orang-orang tahu sejauh mana solidaritas kalian. Kalau udah salam, PERKENALAN! “halo mas-mas mba-mba, perkenalkan saya Rulli Tabuti” lanjut ke samping “halo! Kalo saya Komar Kobam” lanjut terakhir “Dan saya Mamat Gorok” “kami di sini berniat untuk:” lalu jawab serempak “NYANYIII, YEAAYY YEAYYY UHUUUY YES!” sambil lompat-lompat genit, ada yang kasih kiss jauh, ada yang halo-halo.
Saya berani taruhan, kalian langsung menjadi pusat perhatian semua orang. Nah di sini lah kalian ambil hati para penonton! Kalau satu orang dapat 2rebu, di sana ada seratus orang, lu dapet 200rebu dalam 5menit!!!! Bayangin!!!! Lu bisa mabok aica abon lagiiiii!!!!

3. Mulai nyanyi: SUNGGUH KU MENYESAL TELAH MENGENAL DIA, DAN AKU KECEWA PERNAH MENYAYANGINYA, DAN AKU TAK AKAN MENGULANG KEDUA KALINYA. Nah lu nyanyi itu tapi acapella aja, yang satu beatbox boleh deh, yang satu lagi breakdance juga gapapa. Tapi sesuaikan sama kondisi lagu yaa, kalo itu lagu tentang patah hati, ya lo jogetnya patah-patah, kalo tu lagu tentang kegembiran, yaa lu bikin piramid aja kayak cheerleader SMA-SMA yang kadang personilnya tersandung kasus video bokep sama cowonya. Cowonya anjing emang! Bangsat lo! Bagi link dong!
Ingat! Nyanyi harus dengan sepenuh hati, jangan nada di DO tapi lo main di G daw aweu-aweu. Pokoknya harus pake hati!

4. Abis nyanyi kan biasanya kolekan tuh? Pas lu lagi kolek, JANGAN LUPA BERSYUKUR. KARENA KALAU BERSYUKUR, NIKMAT LU BAKAL DITAMBAH, KALAU LU KUFUR, SUNGGUH SIKSA ALLAH SANGAT PEDIH. Nah di situ, orang-orang makin yakin, fix inimah PRJ ini yang kami tunggu, yang hijrah ke jalan yang benar! Kemungkinan kalo lu ketemu om-om yang apa-apa takbir, jangan lupa minta doa, biasanya orang-orang teraniaya tuh doanya makbul. Setelah terkumpul tuh duit 2juta500rebu, jangan lupa sodaqoh ke mesjid, ke orang-orang kurang mampu, ke rupuk.

Kira-kira begitulah caranya sahabat Otan, dalam membuat orang tertarik kepada kita, kadang kita harus melunturkan idealisme kita dan melebur menjadi kesukaan orang-orang. Tapi saya lupa bahwa teman-teman Punk Rock Jalanan adalah orang-orang yang sangat idealis. Tidak menjual pendiriannya kepada uang. Tapi ya gimana, kita butuh makan, butuh uang. Tidak apa PRJ mengamen lah sepuasnya, tapi yang sopan anjg.....

Comments