Skip to main content

500 K BUAT KELILING JOGJA 5 D

Sebenarnya jalan-jalan saya bersama teman-teman ini pada Januari 2016, waktu musim KKN kampus. Tapi baru bisa saya tulis dan publikasikan sekarang ini, yaa maapin. Kami berempat SayaIlungFaizEmpine memutuskan untuk KKN di Jogja, alias Kuliah Ke Ngayogyakarta, alias liburan, alias jalan-jalan, alias senang-senang.

Kami sudah rapat koordinasi bersama tim sejak 2 minggu sebelumnya. Jadi, setelah berwacana untuk mau jalan-jalan saat liburan semester (kegiatan rutin agar tidak menjadi mahasiswa kaku teuing ah kuliah hungkul), langsung saja dirapatkan dan dibuat anggarannya. Untuk budget, kami perkiran kurang lebih 500K. Dan ternyata? Yaaa segituan kalo lu ga aneh-aneh beli oleh2 batik Keris, Pajero Sport, atau batu bara 20 kwintal. Rincian dana perorang akan saya buat harian.

Langsung saja ya beb, saya ceritakan secara struktural, ditambah tips-tips bermanfaat, serta biaya yang dikeluarkan.

Day 0.
Saya, Empine, dan Ilung berangkat sore dari Nangor menuju rumah Faiz yang ada di Riung Bandung. Cuaca saat itu sedikit gerimis, tapi kami naik angkot, jadi ga keujanan wleee :p. Sudah sampai di rumah Faiz, solat, numpang makan karena eh karena diempanin makan, abis itu siap2. Malemnya kami diantar bapaknya Faiz ke stasiun Kiaracondong. Gatau kenapa itu stasiun ga pernah lurus dan netral, selalu aja condong. Ckckck susah kalo jadi panitia pemilu. Turun dari mobil, salim ke bapaknya, pamit, nangis, Faiz berantem sama preman, Empine nyari batu ginjal, Ilung jadi relawan Mao Zedong. Udah, masuk stasiun, naik kereta malam ke Jogja, jugijagijugaseloleJOS!
Difotoin Jose Fine Mourinho
Tips: Kalo pesen tiket kereta yang bener dan nyaman. Contohnya, kalo naik ekonomi cari yang hadap2an. Kalau berempat, pilih seat yang dua2, jadi enak satu geng tidak terpisah, dan lagi bisa saling gantian buat tiduran cari posisi nyaman, main kartu agar tidak bosan, makan camilan, adu bagong, sandera masinis, buat start up. (sial kami terpisah, karena pesen tiket mendadak. MAKANYA DIPESEN JAUH HARI!)
Biaya: Naik angkot 4k, tiket kereta ke Jogja 90k (ga dapet diskon). Total: 94k

Day 1
Pagi hari, dari stasiun Lempuyangan, kami berjalan sedikit di rel kereta, niatnya mah cari spot foto ciamik, padahal mah emang nungguin kereta yang mau nabrak kita aja. Dari deket Malioboro (saya lupa nama haltenya apa), dari halte, kami naik bis menuju kosan teman saya yang baik hatinya bernama Afif di daerah deket Monjali. Sampe kosan Afif sekitar pukul 9 pagi, beres2, mandi2, makan2, alhamdulillah semua berjalan lancar.

Setelah itu kita lanjut naik bis Trans Jogja lagi menuju museum Affandi, maestro lukis ternama di Indonesia. Saran saya secara personal, kalau ke Jogja sempatkan untuk ke sana. Asli, bagus dan berharga sekali! Di sana banyak lukisan-lukisan beliau, perjalanan karirnya, dan benda-benda peninggalan Affandi. Saya lupa, kalau ga salah ada tour guidenya untuk turis, jadi bisa mendengarkan langsung penjelasan dari yang terpercaya bagaimana sosok Affandi tersebut.

Dari Museum, kita lanjut ke Taman Sari dan alun2. Di Taman Sari, kita banyak foto-foto, melihat-lihat peninggalan kebun istana Keraton Jogja, eksotisme bangunan dan arsitektur tua. Sembari nunggu adzan magrib, lanjut ke alun-alun, lewatin pohon beringin kembar, kami ga ikutan merem sambil jalan melewati dua pohon tersebut, tapi kami merem, jalan terus, sampe melewati Bantul ga balik2. Ga deng canda.

Penutup malam ini adalah Jazz Senen di BBJ, acara rutin yang diadakan oleh Bentara Budaya Jogjakarta, ada camilan, ada seniman, ada teman-teman. Asik sekali. Dengar musik jazz, sampil nyemil, denger orang ngomong bahasa Jawa, cuaca adem, tapi sayang sekali, karena kita kemalaman mainnya, jadi kami ketinggalan bis terakhir, dan akhirnya memutuskan untuk naik taksi menuju kosan Afif. Abis 20k wkwkwk.

Tips: 1. Link itu penting, teman yang berada di tempat tujuan bisa bermanfaat menjadi tempat singgah sementar, ASAL lu ga macem2, ga kurang ajar, sopan, dan rapihin lagi ajig tempatnya kalo beres nginep. Jangan nyusahin aje. 2. Cari tau tentang kendaraan yang bisa digunain untuk berpergian, survey juga harganya berapa agar tidak over budget. 3. Cari acara2 unik di tempat liburan tujuan dan kalau bisa acara2 gratis DANNN dapet camilan gratis, lumayan kan jatah uang makan bisa berkurang dan dapet hiburan.
Biaya: Bis 3k, sarapan siang 10k, tiket museum Affandi 25k, bis 3k, Alun-alun 0k, Taman Sari 10k, Jazz BBJ 0k, taksi 4k, jumlah 55k. Total: 149k

Day 2.
Setelah bangun tidur, kita baca doa dilanjutkan mandi. Siap-siap karena akan jalan jauh. Kita bagi dua tim, saya dan Faiz sewa motor di belakang FT UGM, Empine dan Ilung beli makanan untuk makan siang. Lah enak bat dia berdua. Yaudah jalan untuk sewa motor, nih nomernya 081578792983 dulu harga seharinya 50k untuk satu motor. Syaratnya KTM aja kalau gasalah. Ehehe. Udah? Udah?

Urusan sewa motor beres, kita siap jalan ke destinasi pertama, yaitu Goa Pindul. Hari ini kita akan berjalan ke Selatan. Di Goa Pindul kita melakukan aduh namanye ape tuh? Yang pake ban dalem truk gede. Terus menyusuri sungai sampe ujung, pas sampe ujung, kita disuruh masukin ban itu ke truk? Ape namenye? Yaaa itu dah. Cave tubing. Jadi kita dapet tour guide, katanya goa itu dulu dipakai oleh tokoh untuk bertapa. Jadi ada 3 bagian, yang pertama itu yang di pintu goanya, masih terang, masih di luar, masih ramai. Yang kedua itu bagian yang sudah mulai redup, menuju gelap tapi masih tersisa cahaya sedikit saja. Dan bagian terakhir adalah kegelapan abadi. Benar2 gelap ya ampun saya aja takut. Nah di tempat gelap itulah beliau bertapa atau meditasi. Hmmm oke. Lalu dinding-dinding goa Pindul yang terbentuk dari batu stalagtit  menambah keindahan dan kemewahan sebuah penciptaan bumi. Uhuy. Bagusss, kalo disenterin keliatan menakjubkan. Di ujung sungai, kita bisa lompat2an, main smackdown2an, main tak umpet. Setelah capek, kita balik lagi ke tempat awal tapi udah ga pake ban, lu disuruh berenang balik lagi ke sana. Ga deng, kita diangkut pake kolbak, tapi lu dorong dari bawah. Ga deng, kita naik, abangnya yang dorong.

Beres mandi, makan siang dulu di situ, kita bawa bekel soalnya, kalo makan di situ langsung, bisa banget. Udah siap, lanjut ke daerah Gunung Kidul, menuju pantai Nglambor. Perjalanan sangat menyejukan, sempat melewati jalan bebatuan belum diaspal, kita dikejar-kejar mendung, asli serem banget. Jadi di depan kita cerah, belakang mendung banget. Berasa di film 2012. Sampai daerah Gunung Kidul, jalanan begitu sepi, dan meliuk-liuk, enak dipakai untuk latihan drift mobil dan plonco anggota baru geng motor. Jalan sampe mentokkkk, akhirnya sampai.

Pantai di sini banyak, berdekatan, dan bagus2. Kami parkir di pantai Siung, pantai paling bawah dan ujung, karena yang memungkinkan untuk parkir motor dan diinapkan hanya di sana. Pantai Siung tersebut juga sering digunakan Mapala untuk latihan panjat tebing. Kami jalan lagi ke atas, cari tempat untuk buka lapak tenda, beres2. Udah mendirikan tenda dan mendirikan solat lima waktu, saya turun ke bawah untuk berenang sembari nungguin sunset, ehtapi ujan dikit, yaudeh gapape. Malemnya nginep di tenda sambil party. Btw, cuaca di sono anget bos, malem2 juga gerah dan banyak laler.

Tips: Kalau bisa, berangkat dengan anggota genap, agar bisa patungan sewa motornya pas, kalo bisa dapet partner yang bisa nyetir dan jadi navigator juga, biar gantian dan ga capek. Kalo dapet tour guide, SEBISA MUNGKIN berilah tip!!! Patungan kek berapa-berapa, kasih deh tip, bilang terima kasih. Mau lu ntar pas di dalem goa lu dilepas?
Biaya: Sewa motor + bensin 35k, makan siang 10k, goa Pindul 35k, masuk pantai 5k, makan malem 10k, jumlah 95k. Total: 244k

Day 3

Nanjak dari pantai ke jalan utama gerahnye kek uji coba neraka. Dari depan jalan, lagi-lagi saya dan Faiz ambil motor dan nyetir, mereka nunggu. Mudah2an jadian dah mereka berdua. Bayar parkir goceng. Tancap gas, eh ga sengaja ketemu temen kuliah gue donnnggggg, gatau kenapa dia tiba2 nunggu di depan jalan. Yang satu gondrong sipit, yang satu gondrong Kristen. Yaudah diangkut. OTW ke Klaten naik motor dari sebelum tengah hari sampe sore, pas udah deket desa rumah saudara saya, hujan turun, alhasil sampe rumahnya basah-basahan, kita persis kayak cucian yang direndem 2 minggu. Bau dan lepek.

Sampai di sana kita beres-beres, mandi, bersih2, jemur2. Kegiatan kita yang seharusnya sore ini bisa berendem cantik di umbul, terpaksa kita ganti hari esok. Alhamdulillah beres mandi di kasih mie ayam enak oleh bulik saya. Kenyang, tidak ngeluarin uang. Nginep di rumah sodara adalah pilihin terbaik. Makanya jaga silaturahmi dan persaudaraan dengan baik.

Hari tiga mah gitu aja udah, cuma jalan jauh ke Klaten dari selatan Jogja. Udah malem, kami bobo.

Tips: Link saudara sangat penting, jangan lupa untuk izin dengan sopan, bawa “bawaan” untuk menghargai sudah dikasih tempat nginep, kasih tau jumlah temen, jangan ngelunjak, terima apa adanya, bersyukur.
Biaya: sarapan siang 10k, sewa motor + bensin 35k, parkir 2,5k, pangsit 0k, jumlah dibuletin 48k. Total: 292k

Day 4
Pagi hari, ngapain mandi, orang abis ini mau berendem, kita ke umbul Manten dulu, karena katanya masih sepi dan keren, rada susah untuk menemukan tempatnya, karena saat itu google maps belum ngasih tau tempat itu. Tanya2 sebentar ke warga sekitar, akhirnya muncul itu umbul. Bayar tiket masuk 2,5k, pas masuk ke dalem, airnya jernih banget tapi agak horor, sebenernya bersih sih, tapi agak horor, saat itu masih perbaikan dan pembangungan tapi agak horor, horor karena kolamnya di bawah pohon beringin besar. Tapi enak kokkkk. Kita ga berendem di situ karena kurang puas, akhirnya cabut lagi ke Umbul Ponggok. Kalo gasalah, oleh bupati Klaten, kabupaten ini mau dimajuin wisata umbulnya, menjadi Klaten kabupaten 1000 umbul. Umbul itu mata air yes, bukan spanduk di pinggir jalan.

Sampai di umbul Ponggok, parkir, bayar tiket masuk, pilih tempat, nyemplung deh. Sayang sekali kita tidak nyewa gopro di sini, sedikit miskom antara saya dan Ilung, yang salah adalah saya. Maapin Lung. Kolamnya bersih bangetttt. Dulu banget, karena bapak saya kampungnya di Klaten, jadi saya inget pas awal2 ke Ponggok, masih dikelilingi batu, hanya kolam mata air saja, ga ada wahana foto di bawah air, dan tidak seramai sekarang. Ih, kemarin pas lebaran ke sana, isinya mobil plat B semuaaa, najis dah.

Kelar wisata umbul, balik lagi ke rumah bulik, sarapan dikit tapi kenyang, mandi-mandi, jemuran kemarin udah kering, ikan asin juga udah kering, kantong belum kering dong. Kelar itu semua, kami pamit ke pa’le, bulik lagi ngajar di sekolah, jadi ga pamit. Cepika cepika epinka cupenko, terima kasih hatur nuhun matur suwun, kita caw.

OTW Magelang, cuaca sedikit mendung. Sudah sampai di desa untuk mulai pendakian gunung Andong, kita beli makan dulu, ke warung, gausah mahal-mahal, beli bahan-bahan untuk persiapan makan-makan cantik di atas gunung juga. Lanjut jalan lagi ikuti google maps, sampe di pos gunung Andong sekitar pukul 04.30 sore. Hiking dari sore, alhamdulillah treknya tidak terlalu sulit, tapi tetap menyenangkan untuk dijalankan. Ambil persediaan air di air mata kira-kira 15 menit sebelum sampai puncak gunung. Sebenernya puncakannya ada 5, yaa kita pilih salah satu aja yang asik.

Di jalan, Empine eungap, kita yg cowo2 mah gas-gas aje jalannya. Lupa kalo ada Jose ngintilin kita. Maap ye Mpine. Sampe puncak pada waktu Isya. Kaget, karena di atas ada warung-warung semi permanen yang jualan makanan dan gorengan, tempenya enak dan sangat ramah sekali. Iya tempenya ramah. Ckckck udah sarjana tulisannya masih ga berlogika. Pemandangan lampu kota juga sangat menarik. Ngobrol sedikit sama bapak dan ibunya, disuruh tidur di situ aja. Yaampun baik banget emang. Ga ada tuh orang-orang kayak gitu di Jakarta. Tapi karena kita bawa tenda, ya kita pasang tenda, di dalem warung. Wkwkwk ga deng. Kita pasang warung di dalem tenda. H3H3.

Kebiasaan yang harus dilestarikan saat di puncak gunung adalah masak nutrijell coklat, bikin kopi, ngobrolin alam semesta. Anjhayyy, 30 bulan di gunung, pulang-pulang jadi Plato.

Tips: Komunikasi harus baik dan lancar, semua dirundingkan agar tidak jadi jengkel dan masalah di perjalanan. Kan ga seru pulang dari liburan malah muncul keributan, mending pulang liburan bawa kantong menyan....... APAAN KANTONG MENYANG SIHHH-,,-. Kalo trekking, inget temen, jangan egois, inget, tujuan utama bukan puncak, tapi selamat sampai pulang. Kalau naik gunung, patuhi peraturannya, hormati lingkungannya, jangan gegayaan. Gunung adalah tempat untuk meditasi dan introspeksi diri.
Biaya: Umbul Manten 2,5k, umbul Ponggok 8k, parkir 2k, sarapan siang 10k, sewa motor + bensin 35k, makan malam 10k, patungan bahan party 15k, masuk Andong sekitar 5k, jumlah 88k. Total: 380k.

Day 5

Bangun dari bobo, langsung liat sunrise, dengar kicau burung, hirup udara segar pegunungan. Alangkah indahnya bila tiap pagi begini. Tapi sayang kita harus realistis, bangun tidur mah liat kamar acak-acakan kerjaan belum kelar, denger suara alarm dan ribut tetangga, hirup aroma kompetitif dari rekan kerja yang ingin menjatuhkan. Bangsat emang orang-orang kota.

Mau kasih tau keuntungan gunung Andong, adalah bisa melihat semua gunung di sekitar kita. Beruntung karena posisi Andong ada di tengah-tengah gugusan gunung Jawa, tidak terlalu tinggi atau pendek, akses terjangkau. Di sana bisa lihat Sindoro dan Sumbing, di sana lagi ada Merapi dan Merbabu, jauh lagi ada Bromo kalo gasalah mah.

Foto-foto di atas agar menjadi bukti bahwa kita sudah melakukan KKN secara bahagia. Setelah puas melampiaskan nafsu eksistensi diri, dilanjutkan memuaskan perut yang kelaparan, makan makanan sisa semalem dan snack2, sekitar pukul 9 pagi kita cabut. Eh sampe pos pendakian kita dikerubungin warga, soalnya kita cabut gigi bapak gorengan dari mulutnya. HA HA HA, emangnye Dogi? HAHA, Dokter Gigi, HAHA, garing tot. Beres packing di bawah, pamit ke warga sekitar, bersih-bersih sebentar, kita akan balik ke Jogja. Huhuhu...

BTW, mau kasih info dikit. Saat itu masih dilakukan pembangunan untuk fasilitas penunjang pendakian. Kemungkinan sekarang mah sudah jadi dan bersih dan bagus. Dulu aja kamar mandinya bagus, karena emang baru dibangun juga sih, tapi enak kok, saya nyobain, pas ga ada orang saya makan aja kusen pintunya. Rasa rayap.

Naik motor, di tengah jalan ban motor si Faiz bocor kwkwkw, alhasil nambel gigi Empine dulu dah. Ga donggg cakep, nambel ban. Kita ngaret untuk balikin motor, jadi nambah setengah hari lagi, okedeh gapapa. Niat awal kita malah mau bawa balik itu motor ke Bandung, ehtapi engga ah, pegel anying aing terus nu bawa motor blog. Ke stasiun Lempuyangan dulu, beli tiket apa ngapain ya? (saya lupa pas adegan ini, asli.) Pokoknya abis itu, saya sama Faiz lagi-lagi balikin motor, nambah biaya sewa setengah hari, balik lagi ke Malioboro, masih ada waktu dikit lagi, bisa belanja-belanja bagi yang mau. Faiz, Ilung, dan Empine mah jajan, saya diem aja engga ngapa-ngapain, dompet udah tipis.... Kelar belanja, nunggu di stasiun, abis magrib (jam 12 malem juga abis magrib sebenernya, tapi saya lupa jam berapa pastinya) kita naik kereta Kahuripan, mengarah ke stasiun Kiaracondong.

Tips: Eval dari Empine, kalo mau naik gunung, jangan taruh di belakang kegiatan, capek tauuu! Tapi menurut gue nih bos, maap-maap ye, kalo naik gunung taruh di depan, kitanya jadi capek duluan! Tapi gapapa sih, lain kali dirundingkan lagi dengan mufakat yaaa. Jangan sampai ada teman yang gondok. Kasian kan operasi gondok mahal. Selain itu, saat sewa motor, jangan lupa cek kelengkapan dan kondisi motor, hati-hati di jalan, jangan ngebut2an, patuhi rambu-rambu lalu lintas, kalo ngeliat paku di jalan jangan dihabek, kecuali liat sayur paku di warung, gapapa lu sikat.
Biaya: Sewa motor setengah hari 12,5k, bensin gausah, buat pipis 2k, jajan di Malioboro 0k (orang gue ga jajan wlee), beli tiket kereta 90k, beli makan 10k, jumlah 115k. Total: 495k.

Day 6.
Di dalam kereta, kita ga ngapa-ngapain kok, soalnya terpisah wkwkwkw, tapi masih satu gerbong. Capek aja gitu, tidur. Empine doang yang masih usaha mau naik di atas kereta. Kangen naik kereta tahun 2005 katanya. Iyedah. Sampe di stasiun Kircon, subuh-subuh. Subhanallah... Jalan kaki ke luar sepitik, naik angkot menuju Cibiru, Faiz turun di tengah jalan, soalnya kalo dilanjutin turunnya bakal kejauhan Iz, ah elu udah ganteng, pinter lagi. Kami bertiga lanjut ke Nangor, berpisah di Gerlam, menuju kosan masing-masing. Tak terasa liburan sudah selesai. Sampai di kosan, saya mandi terus nangis. Karena uang SPP habis dipakai foya-foya. Hehe ya engga lah, marimas!

Tips: Kalau menurut saya, dalam suatu perjalanan, rencana atau MOP (Manajemen Operasional Perjalanan) harus dipikirkan matang-matang dan sekalian buat plan A plan B. Lu gamau kan kalau sampai di sana liburan lu jadi kacau? Kecuali uang lu banyak, yaudah biarin. Saya tipe yang stick to the rules. Tapi kalau dirasa rundownnya tidak memungkinkan, yaa harus improvisasi agar tidak menjadi agar-agar. Diingat-ingat, anda liburan untuk apa? Anda jalan-jalan untuk apa? Anda bacpacker-an untuk apa? Untuk siapa?
Biaya: Naik angkot 2x 4k, jadi 8k, jumlah 8k. Total: 503k.

Akhir kalam
Kalau ada kritik, pertanyaan, saran, silakan komentar biar kita bisa ribut secara damai. Semua kejadian di atas berdasarkan pengalaman saya, meskipun ada beberapa bagian yang saya lupa. Catatan keuangan sebenarnya tersimpan di saya, cuma sudah tertumpuk dengan buku-buku lain di salah satu kardus-kardus saya. Jadi kira-kira segitulah budget yang saya keluarkan untuk liburan kemarin. Kenapa bisa lebih murah dari yang lain? Karena kami tidak menggunakan penginapan berbayar sama sekali, kita pakai penginapan berhubungan dengan teman, saudara, dan pakai tenda pribadi. Ohiye, nih kalo buat temen-temen yang mau jalan-jalan murah tapi gamau ribet dan mau nyaman doang, saran saya mah jalan-jalan di youtube aja. Hehe, ga capek lagi. Terima kasih sudah mau membaca sampai sejauh ini, semoga keberkahan menyertai kalian semua.