Skip to main content

BUAT SKCK BIKIN CKCKCK


CKCKCK, bentar, saya nahan ketawa dulu karena menuliskan judul clickbait. Ga penting sih, tapi ckckck yang saya maksud adalah semakin mudah dan cepatnya proses pembuatan SKCK. Dari durasi yang saya perkirakan, mungkin tidak sampai sejam! Cepat, jelas, dan tanpa pungli. Semoga semua urusan birokrasi di Indonesia semakin mudah dan cepat. Tidak perlu lagi ribet dan njelimet dan bikin mumet. Langsung yah bisa dimulai pak Haji? Bismillah...


Jadi, kemarin tanggal 20 Maret hari Rabu di tahun 2019, saya iseng mau buat SKCK, engga iseng juga sih sebenernya, cuma niatnya ga 100%, kalo rumit dan susah, yaudah pulang aja. Saya buatnya di Polres Jakarta Selatan. Ada tiga jenis SKCK, SKCK level 1 dibikin di Polsek biasanya untuk buka izin usaha dan doa, jadi perangkat desa atau perangkat rumah tangga, lamar kerja non PNS / BUMN. SKCK level 15 dibikin di Polres biasanya untuk daftar BUMN atau CPNS, pencalonan kepala Desa, Bupati, dan DPRD. Nah bocoran aje nih, saya bikin di Polres karena mau nyalon Bupati di Bostwana. Dan yang ketiga, SKCK level 35, khusus untuk daftar capres, walikota, atau untuk kerja di luar negri, bikinnya di Polda.

Saya datengi itu Polres, parkir motor di seberang, jalan kaki sebentar, ketemu polisi, jaket dilepas, celana engga, jalan lagi, banyak anak SMA daftar jadi polisi, jalan lagi, belok kanan, di sebelah kiri ada ruangan, masuk ke ruangan AC tapi ga dingin. Di situlah saya mengeksekusi. Tanya-tanya ke staff, ada 6-7 orang. Saya tanya ke salah satu staff aja, engga ke semuanya, emang wawancara kerja. “Pak, kalau mau bikin SKCK?” Itu saya nanya emang gantung gitu, coba ngetes, paham ga bapaknya. Bapaknya bales “iya duduk aja dulu di situ.” Nunjuk bangku di depannya.

Oke saya duduk, siapin berkas2, meleng dua kali, eh langsung dipanggil. Dalem hati, cepet amat sihhh-,,-. Berkas yang saya keluarkan adalah: pas foto berwarna 4x6 (5 lembar), fotokopi KK dan Akta, fotokopi KTP, dan udah. Ga perlu surat rekomendasi dari RT/RW, surat wasiat orang tua, atau surat PHK sepihak. Udah cukup itu aja. Simpel kan?


Beres diserahin, bayar 30 ribu. Sebenernya bisa gratis, tapi pulang bonyok. Jadi pada nurut buat bayar aja. Udah diserahin ke bapaknya, sama bapaknya diserahin lagi ke saya. Dalem hati, “yeee kok main seserahan sih? Ntar saya kasih roti buaya nih.” Saya dikasih bukti pembayaran dan disuruh untuk daftar via aplikasi Smart Jaksel. Bapaknya nunjuk ke tembok, “itu bisa baca di banner itu.” Oke saya nurut.


Beres isi semua pertanyaan yang mudah sekali bisa saya jawab semuanya, *fufufu, dan saya yakin jawaban saya benar 100%. Pengisian form ini kecepatannya tergantung diri sendiri yaa, kalo banyak lupa dan keypad hapenya lari-larian, yaa bakal lebih lama. Waktu itu saya ngisinya 5 menit lah, disela ngupil dulu dan diajak ngobrol mas-mas baru lulus SMA yang diomelin mulu sama bapaknya. Kasian deh. Anaknya nanya “pak, aku lulus SD tahun berapa ya?” Dijawab bapaknya rada kesel “ya gatau, kamu yang sekolah” :(((((((((((((((((((((((((((((((((((((((

Sesudah itu, saya balik ke meja para staff, nanya lagi, “abis ini kemana yaa mba?” Kenapa mba-mba? Soalnya udah berubah jadi mba-mba :( si bapaknya pindah ke ruang sebelah. Diketahui jawaban mbanya adalah saya harus ke ruangan sebelah untuk lanjut cap jari. Di ruangan itu saya liat si bapak lagi ngurusin mba-mba yang ngurus SKCK juga. Dalam hati saya, pengen godain CIEEE CIEEEE. Tapi saya takut, yaudah saya rada ganggu dikit, nanya “pak ini udah, ceboookkk” ga deng... “pak ini udah.” Bapaknya nyodorin kertas, saya tanya “what is the maksud?” “Bikinin perahu-perahuan.” Saya diem. Untuk kali itu saya ngelawan! Saya malah coret2 itu kertas isian. Ada pertanyaan-pertanyaan lagi yang harus dijawab. Tapi saya ga bawa pulpen, jadi saya pake arang sate.

Catatan: KALO KEMANE-MANE BAWA PULPEN AJE!

Kelar isi pertanyaan di kertas itu, balikin ke bapaknya, bapaknya mulai modus bikin cetakan buat cap jari. Tangan saya mulai dipegang-pegang, dari satu jari ke jari lainnya, sampai 10 jari, saya sampe pengen nyeletuk, jari kaki ga sekalian pak? Udah kelar tempel menempel jari ke kertas agar jelas, saya dibisiki mesra “udah cuci tangan sana, cuci tangan.” EBUSET DIKATA ABIS BIKIN KERAMIK!

Saya nurut lagi, cuci tangan lah di belakang. WASTAFELNYA ITEM BELEPOTAN BANGET!!! GUE KASIAN LIATNYE. Beres cuci tangan saya makan nasi padang, soalnya emang disediain gitu dari sananya, ih baik banget kannn?

Ya ga dong, bodoh!

Saya nunggu lagi di kursi yang saya duduki tadi, duh masih kerasa panasnya. Kalo pantat panas tuh kenape sih? Sembari duduk saya main hape buka twitter dan buka puasa. Terus ujug-ujug ada mba2 masuk, ngomong lah nih mba “pak, mau bikin SKCK” dibales bapaknya “UDAH TOOTOOOOPPPP! UDAH GANTI TOKO AQUARIUM”

“Yahhhh :(“ Si mba kecewe, kalo laki baru kecewa, kalo banci kecewong.

“Besok ke sini lagi aja, dari jam 8 sampe jam 1, ye” biasaaa, orang Jakarta mah gitu, kudu pake ye. Yaudah saya fokus lagi main Twitter. Ga lama kemudian, dipanggil nama saya “Choirul Ganteng?” saya marah, “ga ada Gantengnya pak.”

“ohiya maap”

SKCK udah jadi, alhamdulillah cepet dan ga ribet. Saya segera fotokopi untuk langsung dilegalisir. Kebetulan tempat fotokopi ada di sebelah ruangan AC yang ga dingin itu. Selembar GOPE. Yaudah dibikin lima. Balik lagi ke ruangan AC yang ga dingin. Pret pret pret. Kelar legalisir, saya bungkus, berkemas, izin pamit dari ruangan sambil teriak. “BYE GUYYYSSSS, GUE DULUAN YES!” Saya pamit undur diri, lewat anak-anak SMA yang daftar jadi polisi lagi, lewat pak polisi lagi, nyebrang, sampe di belakang motor, naikin, saya pulang.

Alhamdulillah saya sampe rumah normal, semua aman, semua selamat. Sebegitu dulu tulisan saya untuk SKCK yang bikin CKCKCK ini, terima kasih. ARIGATO!

Comments