Skip to main content

Trans Java Expedition

Sebelumnya, bisa dilihat di sini.

Hari 1
Perihal ekspedisi-ekspedisian mah saya paling seneng, apalagi main di luaran dan jauh-jauh. Oh iya, di Surabaya nanti kita akan nginep di FaveHotel! Wua, maungasihtauajanihfyi, wseumurumurbelumpernahkkehotelkkwkwkwkw,pernahsihduludiajakinbokapguebuatnginepdihoteldiAnyer,ehdiboonginmalahakhirnyabeliayamkwkwkwplr. Yaudah jam 7.30 ngaret dikit kita caw, setelah sebelumnya pembukaan dari pak Adrian selaku Direktur Pengembangan. Daahhh....

Kalian bayangkan hampir 48 jam bersama selalu di dalam mobil, apa ga bonding tuh? Untung ga ada yang baper. Eh tapi kayaknya sih ada, peserta sama peserta dan panitia sama peserta, unch,,,, tapi gatau deng. Bodo amat ah, gue mau diterima kerja. Perjalanan pertama menuju Surabaya, kami masih semangat sekali dalam menjual barang, ada rest area gassss! Alhamdulillah laku banyak, mobil bisa jalan, kita bisa makan, driver senang! Nah, selama perjalanan, di dalem mobil kita ga bisa bengong apalagi bobo gemes, karena ada banyak tugas menanti di perjalanan.

Tugasnya mau tahu? Bikin thread twitter pake bahasa Inggris tentang gambar yang cocok dengan Jasamarga (filosofis gitu), bikin instastory dan pos Instagram (satu gambar dan satu video) setiap akan menuju pitstop, selama menuju Surabaya, ada 3 pitstop. Nah, untuk yang tugas kelompok, bikin video uncut version selama di mobil (lu bayangin deh tuh 12 jam lebih lu videoin, berapa gede ukuran filenya), bikin tulisan di blog kelompok pribadi dengan menggunakan bahasa Inggris, yang menjelaskan tentang hambatan/rintangan selama melakukan penjualan, pakai strategi apa, dan bagaimana menyikapinya jika adanya perubahan strategi, semacam expedition journal gitu deh hehe.

Jadi selama di mobil, kita seblay aja gitu. Mikir terus, cari konten, bikin caption, foto-foto. Sampai di rest area kita jualan untuk bertahan hidup, makan, jualan, pipis, jualan, isi bensin, jualan, bertahan hidup. Ogut yang biasa survival di hutan, ketemu babi atau uler boleh langsung dibunuh terus dimakan, lah di jalan tol, ketemu orang atau Dirut, kita bunuh, masuk penjara. Suseh. Tapi menariknya adalah, kita bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat, dengan warga sekitar, dengan para penjual. Cocok udah kayak caleg kalau musim kampanye. Ibarat kata, adalah KKN (Kuliah Kerja Nyata), tapi kali ini, kita membawa nama baik Jasamarga. Jadi tetap amalkan C dari APIC yes ketika jualan.

Untuk contoh-contoh tugas selama di perjalanan, bisa dilihat di mari TwitterIG 1IG 2IG 3

Tentang penjualan kita, dari mulai optimis, sampai realistis. Dari mulai nyari untung, sampe yaudah gapapa buntung. Tujuan utama adalah kita hidup dan pulang. Syukur bisa surplus dan bahagia terus. Makin malem kita makin jual murah, cerita aje nih, kelompok lain ada yang jual hape baru. Hape. Hape ye. Dari harga 1jt600an, dijual 800k. Sip. Mantep. Terus ada yang jual alat elektronik macam pemanas air, pemompa air, termos, dsb, dipangkas 50%. Ada juga yang jualan rokok satu slop, dipotong 50rebu bahkan nyaris setengah harga. Yah namanya jualan di rest area, target pasar bisa siapa saja di sana, termasuk juga para pedagang adalah konsumen.

Pitstop per pitstop kita lalui, tanda-tanda kengaretan sudah terjadi. Harus segera berangkat, tapi barang dagangan belum juga terjual banyak. Yaudah, lanjut jalan. Mengerjakan tugas kembali, istirahat sebentar, dan menikmati perjalanan. Di sini, saya sudah menemukan alur kerjanya, arus perjalanan dan pelaksanaan tugas. Oke sip. Berikutnya sudah sedikit lancar. Kendala tetap masih di penjualan. Target surplus adalah kewajiban.

Di pitstop 2, sepi banget. Lebih banyak peserta dari pada pengunjung rest area, sedikit transaksi jual beli, banyak transaksi bengong-bengong. Tapi lumayan, bisa charge hape, gadget, dan laptop. Sedikit banyak kami juga melanjutkan tugas-tugas yang masih belum selesai.

Di perjalanan menuju pitstop terakhir, keadaan di dalam mobil kacau balau oleh suara nyanyian kami. Dari mulai lagu pop sampai lagu melayu, kami libas untuk dinyanyikan, tidak lupa kita mengajak bang Arel (Driver kami, 18tahun, asal Bekasi, masih gemesin, kaleman, pertama kali melakukan perjalanan jauh ke Surabaya) untuk ikut menyanyi juga. Mobil kami berubah persis seperti mini karaoke ukuran 4x1,5meter dengan gambar jalanan dan lampu-lampu bertebaran yang berjalan di sisi depan dan samping kami, ditambah persediaan barang jualan di belakang. Sudah barang tentu keadaan hati kami masih tidak tenang karena tugas yang masih menunggu dan minta dipinang.

Akhirnya sampailah kami di pitstop 3 pada pukul 11an malam, pitstop terakhir sebelum menuju hotel untuk beristirahat, kita mendapat briefing untuk hari esok. Besok, kita akan melakukan kegiatan pergi ke pasar, masak-masak, dan menjual, secara virtual. Ini menurut saya bagus banget gamesnya. Pake otak, pake strategi, pake hati. Nanti dijelaskan di bawah ini. Setelah beres briefing, kita mewawancarai para “costumer”, apa saja kesukaannya agar nanti kita bisa merumuskan makanan apa yang paling cocok untuk costumer tersebut agar dia mau membeli. Setelah beres wawancara, kita menuju hotel. Di pitstop 3 ini masih ada peserta lain yang berjualan, maklum, perut lapar mana kenyang dikasih harapan. Tapi kami sudah tenang, lanjut menuju hotel untuk beristirahat.

Nb: Ada kejadian lucu di hotel ini. Sesudah saya masuk hotel saya dapat kamar nomor 703, sudah selesai mandi sudah siap tidur, saya lupa membawa kabel charger, menghubungi bang Arel, saya turun ke bawah menuju mobil untuk ambil itu chargeran. Saya naik lagi, sampai lantai 7 saya lupa nomer kamar saya berapa, dengan pede saya ketuk (yangternyatadalah) kamar orang lain, saya panggil nama temen saya dari luar, sejenak kemudian terdengar suara orang pakai celana buru-buru, kemudian dibukalah itu pintu, saya melongo, saya lihat dua orang om-om (yang paling belakang tidak memakai baju), saya takut, dia tanya (yang kepalanya muncul tapi badannya disembunyikan di balik pintu) cari siapa? Saya jawab nama temen saya pake intonasi tanda tanya (KARENA BINGUNG KENAPA TEMEN KAMAR GUE BERUBAH JADI OM-OM2, TERUS ADA DUA.) Terus saya bergumam, eh kayaknya salah deh pak. Dia balik nanya, emang kamar nomer berapa? Saya jawab “seinget saya ini pak, tapi kayaknya salah pak. Maaf yaa pak.” Saya cabut dari TKP, saya takut dikira Satpol PP :(, yaudah balik ke depan lift, saya telpon temen saya, TERNYATA BEDA SELISIH SATU ANGKA. Pantes aje. Untuk om-om, maap yeee saya lupe. Kan di pintu kamar tuh ada buat ngintip, nah dipake aje, kalo sekiranya ga kenal orangnye, jangan dibuka. Untuk saya, lain kali coba ditelpon aja yaa kalo lupa, gausah ngide langsung ngetuk kamar orang!

Day 2
Pagi hari diawali kedinginan beres wudhu, karena ACnya ternyata makin dingin. Tapi tidur nyenyak karena capek, tapi juga belum puas tidur karena harus segera beraktifitas. Beres solat dan dzikir, turun ke bawah untuk makan pagi secara buffet. Yaa Allah seneng bat gue, norak gitu belum pernah makan puas dengan banyak varian dengan rasa restoran. Wwkwkwkwk. Rasanya pengen bungkus buat makan siang dah, karena kita tahu, bakal puasa lagi nih seharian karena barang dagangan belum abis dan duit makin tipis.

Pada tengah hari, kita singgah di kantor cabang Jasamarga Semarang, kita berhenti sejenak untuk Meet and Greet dengan para former dan BOD Jasamarga. Setelah mendengar perkenalan (12 orang hebat di depan kami) dilanjutkan dengan cerita sebentar, lalu memberikan pertanyaan untuk kemudian kami jawab (membuat video dengan bahasa Inggris, deadlinenya jam 6 sore). Seru sekali, sangat inspiratif dan motivatif.

Setelah dari kantor cabang, kita berkumpul di salah satu tempat milik Jasamarga dekat dengan gerbang tol Kali Kangkung. Di sana kita bermain GAMES SERU!!!!!!! Saya namain gamesnya PASAR VIRTUAL saja yaaa.

Jadi, kita memiliki modal dari token yang telah berhasil kita kumpulkan dari tugas2 kemarin, kalo semua kita kerjain, minimal kita punya modal 1jt400rb. Kalau ditambah sama menang kuis dan pos terbaik, bisa capai 2jt. (btw, kita bisa ngutang, tapi bakal kena bunga, gausahlah yaa, riba). Nah modal ini nanti kita belanjain untuk beli bahan makanan di tempat yang sudah disediakan, setelah membeli bahan, kita racik bahan makanan tersebut di tempat lain, setelah jadi menu yang kita inginkan, mulailah kita tawarkan kepada Costumer yang semalam telah kita analisis makanan kesukaannya apa. Di lain kegiatan, kita bisa mendapatkan hasil menu yang sudah jadi kalau mengikuti lomba-lomba tertentu.

Bagaimanakah agar costumer (kalo dari tadi ada yang bingung siape sih costumernya, yaaa itu panitia-panitianya sendiri) mau membeli dagangan kita? Nah itulah tantangannya. Ketahui keinginan pasar, kasih bonus-bonus yang menarik, sesuaikan harga! Karena di sana kita menemukan costumer yang Aneh-Aneh (kayak nama toko seni di Bali, hehe), ada yang diet, ada yang maunya makanan mahal, ada yang ga suka minyak-minyak, ada yang semuanya disikat asal murah. Tapi agar bisa dibeli mereka, kita dapat tantangan juga dengan cara jawab pertanyaan, melakukan hal-hal tertentu, atau kasih penawaran yang menarik. Yaa sekreatifnya sahabat sajalah.

Setelah beres jual-beli, masuklah proses hitung-menghitung, laba bersih, revenue, kerugian, dan segala macam penjumlahan, pembagian, angka, koma, dan duit2an. Alhamdulillah kalo dari kelompok kami, defisit............. Sama seperti kelompok lainnya....... hehe gapapa. Tapi kalo secara beneran yaa jangan sampe dong. “Kalo lu bisnis tapi kaga untung, namanya lu GOBLOG!” (quote oleh Ilung). Aaa seru banget.

Beres kegiatan, kami langsung buru-buru bikin video yang tadi siang diminta buat. Sret sret sret, jadi dah tuh baplang bat muka w. Selesai mengirim pada observer, kita mengadakan evaluasi kecil. (Astaga, lupa jelasin, jadi selama kegiatan Trans Java Expedition berlangsung, kita diawasi oleh observer. Iya dong, dinilai, ntar gimana cara nilainya kalo ga dinilai. Makanya bernilai agar bisa lolos sampai akhir, lai. Alhamdulillah, kelompok kita dapat observer kak Hanif yang super baik, informatif, dan ramah). Di evaluasi itu, yaudah kita jelasin segala kendala, keluh kesah, dan sebagainya. Saya sedikit menyinggung persiapan panitia seperti apa dan bagaimana, dan ternyata, wow! Kepala saya langsung pusing hahaha, karena pasti capek banget ituhhhh, soalnya saya pernah mengalami rasanya jadi panitia. Banyak masukan baik dari kak Hanif. Banyak cerita seru dan pengalaman menarik. Rasa-rasanya proses perekrutan ini lebih terasa seperti kegiatan bonding kampus, antara senior dengan maba, ketimbang perekrutan kerja pada umumnya di BUMN.

Setelah selesai mengadakan forum evaluasi kecil, kita siap untuk kembali menuju rumah. Sebelumnya, solat magrib dulu, berdoa. Kelompok saya ini walaupun begitu (begitu gimane nih) tapi rajin solat loooh pada. Beres solat dan ngobrol dikit, gassss teros gapake rem. Kami konvoi kecil menuju kantor pusat. Karena tahu di sepanjang jalan tol ada sebagian yang macet total (jalan tol kok macet?), jadi kami memutuskan untuk memutar lewat jalan biasa, keluar di pintu tol Kerawang Barat dan masuk lagi di pintu tol berikutnya yang sudah bebas dari macet. Karena kalau kita tidak melakukan itu, bisa ngaret sampai 1 jam.

Kita sampai di kantor pusat Jasamarga sekitar pukul 3 pagi :). Hehe. Mantap! Setelah itu beres-beres, barang sisa penjualan yang tidak laku dimasukan lagi ke ruangan tertentu tapi sebenernya gapapa juga kalau mau dibawa pulang ke rumah masing-masing, beberapa teman memindahkan file video berukuran mega giga, dan sisanya berdoa di sepertiga malam terakhir agar bisa diterima bekerja di Jasamarga sebagai Management Trainee.

Saya pulang menuju rumah. Udara sedikit dingin, suasana subuh yang romantis, orang-orang berhamburan. Saya lihat orang-orang sudah memulai harinya di luar, di jalan, di pasar. Saya pulang menuju rumah, baru saja menyelesaikan hari saya.

Nb 1: Di tengah jalan pulang, tepatnya sebelum pintu tol Kerawang Barat, salah satu mobil mengalami pecah ban, saya lihat bannya sedikit sobek. Akhirnya kami bantu untuk mengganti ban serep (itu dibacanya Sérep yaaa, bukan serep seperti kain pembalut yang bisa menyerap air).

Nb 2: Salah satu pelajaran yang diterima adalah, kita mencoba posisi sebagai penjual, bagaimana rasanya ditekan untuk memberikan harga terendah ketika tawar menawar, muka kecut orang-orang yang melongos ketika kami tawarkan barang, dan senangnya ketika ada orang yang membeli dagangan kita.
.
Berlanjut ke evaluasi dari saya pribadi.

Comments