Sebelumnya, bisa dilihat di sini.
Hari 1
Perihal ekspedisi-ekspedisian mah
saya paling seneng, apalagi main di luaran dan jauh-jauh. Oh iya, di Surabaya
nanti kita akan nginep di FaveHotel! Wua, maungasihtauajanihfyi,
wseumurumurbelumpernahkkehotelkkwkwkwkw,pernahsihduludiajakinbokapguebuatnginepdihoteldiAnyer,ehdiboonginmalahakhirnyabeliayamkwkwkwplr. Yaudah jam 7.30 ngaret dikit kita
caw, setelah sebelumnya pembukaan dari pak Adrian selaku Direktur Pengembangan. Daahhh....
Kalian bayangkan hampir 48 jam
bersama selalu di dalam mobil, apa ga bonding tuh? Untung ga ada yang baper. Eh
tapi kayaknya sih ada, peserta sama peserta dan panitia sama peserta, unch,,,,
tapi gatau deng. Bodo amat ah, gue mau diterima kerja. Perjalanan pertama
menuju Surabaya, kami masih semangat sekali dalam menjual barang, ada rest area
gassss! Alhamdulillah laku banyak, mobil bisa jalan, kita bisa makan, driver
senang! Nah, selama perjalanan, di dalem mobil kita ga bisa bengong apalagi
bobo gemes, karena ada banyak tugas menanti di perjalanan.
Tugasnya mau tahu? Bikin thread twitter pake bahasa Inggris
tentang gambar yang cocok dengan Jasamarga (filosofis gitu), bikin instastory
dan pos Instagram (satu gambar dan satu video) setiap akan menuju pitstop, selama menuju Surabaya, ada 3 pitstop. Nah, untuk yang tugas kelompok,
bikin video uncut version selama di
mobil (lu bayangin deh tuh 12 jam lebih lu videoin, berapa gede ukuran filenya), bikin tulisan di blog kelompok
pribadi dengan menggunakan bahasa Inggris, yang
menjelaskan tentang hambatan/rintangan selama melakukan penjualan, pakai
strategi apa, dan bagaimana menyikapinya jika adanya perubahan strategi,
semacam expedition journal gitu deh
hehe.
Jadi selama di mobil, kita seblay
aja gitu. Mikir terus, cari konten, bikin caption,
foto-foto. Sampai di rest area kita jualan untuk bertahan hidup, makan, jualan,
pipis, jualan, isi bensin, jualan, bertahan hidup. Ogut yang biasa survival di
hutan, ketemu babi atau uler boleh langsung dibunuh terus dimakan, lah di jalan
tol, ketemu orang atau Dirut, kita bunuh, masuk penjara. Suseh. Tapi menariknya
adalah, kita bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat, dengan warga sekitar,
dengan para penjual. Cocok udah kayak caleg kalau musim kampanye. Ibarat kata,
adalah KKN (Kuliah Kerja Nyata), tapi kali ini, kita membawa nama baik
Jasamarga. Jadi tetap amalkan C dari APIC yes ketika jualan.
Tentang penjualan kita, dari
mulai optimis, sampai realistis. Dari mulai nyari untung, sampe yaudah gapapa
buntung. Tujuan utama adalah kita hidup dan pulang. Syukur bisa surplus dan
bahagia terus. Makin malem kita makin jual murah, cerita aje nih, kelompok lain
ada yang jual hape baru. Hape. Hape ye. Dari harga 1jt600an, dijual 800k. Sip.
Mantep. Terus ada yang jual alat elektronik macam pemanas air, pemompa air,
termos, dsb, dipangkas 50%. Ada juga yang jualan rokok satu slop, dipotong
50rebu bahkan nyaris setengah harga. Yah namanya jualan di rest area, target
pasar bisa siapa saja di sana, termasuk juga para pedagang adalah konsumen.
Pitstop per pitstop kita
lalui, tanda-tanda kengaretan sudah terjadi. Harus segera berangkat, tapi
barang dagangan belum juga terjual banyak. Yaudah, lanjut jalan. Mengerjakan
tugas kembali, istirahat sebentar, dan menikmati perjalanan. Di sini, saya
sudah menemukan alur kerjanya, arus perjalanan dan pelaksanaan tugas. Oke sip.
Berikutnya sudah sedikit lancar. Kendala tetap masih di penjualan. Target
surplus adalah kewajiban.
Di pitstop 2, sepi banget. Lebih banyak peserta dari pada pengunjung rest area, sedikit transaksi jual beli,
banyak transaksi bengong-bengong. Tapi lumayan, bisa charge hape, gadget, dan laptop. Sedikit banyak kami juga
melanjutkan tugas-tugas yang masih belum selesai.
Di perjalanan menuju pitstop terakhir, keadaan di dalam mobil
kacau balau oleh suara nyanyian kami. Dari mulai lagu pop sampai lagu melayu,
kami libas untuk dinyanyikan, tidak lupa kita mengajak bang Arel (Driver kami, 18tahun, asal Bekasi, masih
gemesin, kaleman, pertama kali melakukan perjalanan jauh ke Surabaya) untuk
ikut menyanyi juga. Mobil kami berubah persis seperti mini karaoke ukuran 4x1,5meter
dengan gambar jalanan dan lampu-lampu bertebaran yang berjalan di sisi depan
dan samping kami, ditambah persediaan barang jualan di belakang. Sudah barang
tentu keadaan hati kami masih tidak tenang karena tugas yang masih menunggu dan
minta dipinang.
Akhirnya sampailah kami di pitstop 3 pada pukul 11an malam, pitstop terakhir sebelum menuju hotel
untuk beristirahat, kita mendapat briefing
untuk hari esok. Besok, kita akan melakukan kegiatan pergi ke pasar,
masak-masak, dan menjual, secara virtual. Ini menurut saya bagus banget gamesnya. Pake otak, pake strategi, pake
hati. Nanti dijelaskan di bawah ini. Setelah beres briefing, kita mewawancarai para “costumer”, apa saja kesukaannya agar nanti kita bisa merumuskan
makanan apa yang paling cocok untuk costumer
tersebut agar dia mau membeli. Setelah beres wawancara, kita menuju hotel. Di pitstop 3 ini masih ada peserta lain
yang berjualan, maklum, perut lapar mana kenyang dikasih harapan. Tapi kami
sudah tenang, lanjut menuju hotel untuk beristirahat.
Nb: Ada kejadian lucu di hotel
ini. Sesudah saya masuk hotel saya dapat kamar nomor 703, sudah selesai mandi
sudah siap tidur, saya lupa membawa kabel charger,
menghubungi bang Arel, saya turun ke bawah menuju mobil untuk ambil itu chargeran. Saya naik lagi, sampai lantai
7 saya lupa nomer kamar saya berapa, dengan pede saya ketuk (yangternyatadalah)
kamar orang lain, saya panggil nama temen saya dari luar, sejenak kemudian
terdengar suara orang pakai celana buru-buru, kemudian dibukalah itu pintu,
saya melongo, saya lihat dua orang om-om (yang paling belakang tidak memakai
baju), saya takut, dia tanya (yang kepalanya muncul tapi badannya disembunyikan
di balik pintu) cari siapa? Saya jawab nama temen saya pake intonasi tanda
tanya (KARENA BINGUNG KENAPA TEMEN KAMAR GUE BERUBAH JADI OM-OM2, TERUS ADA
DUA.) Terus saya bergumam, eh kayaknya salah deh pak. Dia balik nanya, emang
kamar nomer berapa? Saya jawab “seinget saya ini pak, tapi kayaknya salah pak.
Maaf yaa pak.” Saya cabut dari TKP, saya takut dikira Satpol PP :(, yaudah balik
ke depan lift, saya telpon temen
saya, TERNYATA BEDA SELISIH SATU ANGKA. Pantes aje. Untuk om-om, maap yeee saya
lupe. Kan di pintu kamar tuh ada buat ngintip, nah dipake aje, kalo sekiranya
ga kenal orangnye, jangan dibuka. Untuk saya, lain kali coba ditelpon aja yaa
kalo lupa, gausah ngide langsung ngetuk kamar orang!
Day 2
Pagi hari diawali kedinginan
beres wudhu, karena ACnya ternyata makin dingin. Tapi tidur nyenyak karena
capek, tapi juga belum puas tidur karena harus segera beraktifitas. Beres solat
dan dzikir, turun ke bawah untuk makan pagi secara buffet. Yaa Allah seneng bat gue, norak gitu belum pernah makan
puas dengan banyak varian dengan rasa restoran. Wwkwkwkwk. Rasanya pengen
bungkus buat makan siang dah, karena kita tahu, bakal puasa lagi nih seharian
karena barang dagangan belum abis dan duit makin tipis.
Pada tengah hari, kita singgah di
kantor cabang Jasamarga Semarang, kita berhenti sejenak untuk Meet and Greet dengan para former dan BOD Jasamarga. Setelah mendengar
perkenalan (12 orang hebat di depan kami) dilanjutkan dengan cerita sebentar,
lalu memberikan pertanyaan untuk kemudian kami jawab (membuat video dengan
bahasa Inggris, deadlinenya jam 6 sore). Seru sekali, sangat inspiratif dan
motivatif.
Setelah dari kantor cabang, kita
berkumpul di salah satu tempat milik Jasamarga dekat dengan gerbang tol Kali
Kangkung. Di sana kita bermain GAMES
SERU!!!!!!! Saya namain gamesnya
PASAR VIRTUAL saja yaaa.
Jadi, kita memiliki modal dari
token yang telah berhasil kita kumpulkan dari tugas2 kemarin, kalo semua kita
kerjain, minimal kita punya modal 1jt400rb. Kalau ditambah sama menang kuis dan
pos terbaik, bisa capai 2jt. (btw, kita bisa ngutang, tapi bakal kena bunga,
gausahlah yaa, riba). Nah modal ini nanti kita belanjain untuk beli bahan
makanan di tempat yang sudah disediakan, setelah membeli bahan, kita racik
bahan makanan tersebut di tempat lain, setelah jadi menu yang kita inginkan,
mulailah kita tawarkan kepada Costumer yang semalam telah kita analisis makanan kesukaannya apa. Di lain kegiatan, kita bisa mendapatkan hasil menu yang sudah
jadi kalau mengikuti lomba-lomba tertentu.
Bagaimanakah agar costumer (kalo dari tadi ada yang bingung
siape sih costumernya, yaaa itu panitia-panitianya
sendiri) mau membeli dagangan kita? Nah itulah tantangannya. Ketahui keinginan
pasar, kasih bonus-bonus yang menarik, sesuaikan harga! Karena di sana kita
menemukan costumer yang Aneh-Aneh
(kayak nama toko seni di Bali, hehe), ada yang diet, ada yang maunya makanan
mahal, ada yang ga suka minyak-minyak, ada yang semuanya disikat asal murah. Tapi
agar bisa dibeli mereka, kita dapat tantangan juga dengan cara jawab
pertanyaan, melakukan hal-hal tertentu, atau kasih penawaran yang menarik. Yaa sekreatifnya
sahabat sajalah.
Setelah beres jual-beli, masuklah
proses hitung-menghitung, laba bersih, revenue, kerugian, dan segala macam
penjumlahan, pembagian, angka, koma, dan duit2an. Alhamdulillah kalo dari
kelompok kami, defisit............. Sama seperti kelompok lainnya....... hehe
gapapa. Tapi kalo secara beneran yaa jangan sampe dong. “Kalo lu bisnis tapi kaga untung, namanya lu GOBLOG!” (quote oleh Ilung). Aaa seru banget.
Beres kegiatan, kami langsung
buru-buru bikin video yang tadi siang diminta buat. Sret sret sret, jadi dah
tuh baplang bat muka w. Selesai mengirim pada observer, kita mengadakan evaluasi kecil. (Astaga, lupa jelasin,
jadi selama kegiatan Trans Java Expedition
berlangsung, kita diawasi oleh observer.
Iya dong, dinilai, ntar gimana cara nilainya kalo ga dinilai. Makanya bernilai
agar bisa lolos sampai akhir, lai. Alhamdulillah, kelompok kita dapat observer kak Hanif yang super baik,
informatif, dan ramah). Di evaluasi itu, yaudah kita jelasin segala kendala,
keluh kesah, dan sebagainya. Saya sedikit menyinggung persiapan panitia seperti
apa dan bagaimana, dan ternyata, wow! Kepala saya langsung pusing hahaha,
karena pasti capek banget ituhhhh, soalnya saya pernah mengalami rasanya jadi
panitia. Banyak masukan baik dari kak Hanif. Banyak cerita seru dan pengalaman
menarik. Rasa-rasanya proses perekrutan ini lebih terasa seperti kegiatan
bonding kampus, antara senior dengan maba, ketimbang perekrutan kerja pada
umumnya di BUMN.
Setelah selesai mengadakan forum
evaluasi kecil, kita siap untuk kembali menuju rumah. Sebelumnya, solat magrib
dulu, berdoa. Kelompok saya ini walaupun begitu (begitu gimane nih) tapi rajin
solat loooh pada. Beres solat dan ngobrol dikit, gassss teros gapake rem. Kami konvoi
kecil menuju kantor pusat. Karena tahu di sepanjang jalan tol ada sebagian yang
macet total (jalan tol kok macet?), jadi kami memutuskan untuk memutar lewat
jalan biasa, keluar di pintu tol Kerawang Barat dan masuk lagi di pintu tol
berikutnya yang sudah bebas dari macet. Karena kalau kita tidak melakukan itu,
bisa ngaret sampai 1 jam.
Kita sampai di kantor pusat
Jasamarga sekitar pukul 3 pagi :). Hehe. Mantap! Setelah itu beres-beres,
barang sisa penjualan yang tidak laku dimasukan lagi ke ruangan tertentu tapi
sebenernya gapapa juga kalau mau dibawa pulang ke rumah masing-masing, beberapa
teman memindahkan file video
berukuran mega giga, dan sisanya berdoa di sepertiga malam terakhir agar bisa
diterima bekerja di Jasamarga sebagai Management
Trainee.
Saya pulang menuju rumah. Udara
sedikit dingin, suasana subuh yang romantis, orang-orang berhamburan. Saya lihat
orang-orang sudah memulai harinya di luar, di jalan, di pasar. Saya pulang
menuju rumah, baru saja menyelesaikan hari saya.
Nb 1: Di tengah jalan pulang,
tepatnya sebelum pintu tol Kerawang Barat, salah satu mobil mengalami pecah
ban, saya lihat bannya sedikit sobek. Akhirnya kami bantu untuk mengganti ban
serep (itu dibacanya Sérep yaaa, bukan serep seperti kain pembalut yang bisa
menyerap air).
Nb 2: Salah satu pelajaran yang
diterima adalah, kita mencoba posisi sebagai penjual, bagaimana rasanya ditekan
untuk memberikan harga terendah ketika tawar menawar, muka kecut orang-orang
yang melongos ketika kami tawarkan barang, dan senangnya ketika ada orang yang
membeli dagangan kita.
.
Berlanjut ke evaluasi dari saya pribadi.
Comments
Post a Comment