Skip to main content

Suka Duka CeeS


Kalau sudah banyak tulisan atau SOP yang menjelaskan bagaimana seorang CS harus berkomunikasi dengan baik dan benar, ramah dan sopan selalu, solutif, komunikatif, dan tidak reaktif. Iyalah, bayangin kalau CS sering reaktif: “Bu, ini aplikasinya enggak bisa digunakan, kenapa ya?” “SUMPAH SUMPAH DEMI APAH? BARUSAN BISA LOH PADAHAL, EH GILA GILA ENGGAK GINI JUGA DONG!” Terlalu banyak reaktif juga dapat membahayakan masyarakat sekitar. Liat noh reaktif Nuklir, disenggol cemberut. Tambah lagi, sebaiknya CS jangan baperan dan siap menerima cacian dari customer. NAH, hal inilah yang hendak ingin akan segera soon saya bahas.

Setelah beberapa hari bergelut di bidang ini, hehe, sebenernya juga udah pernah beberapa bulan di bidang “hospitality” juga, cuma yaa beda customer, yang satu cukup kaya dari negeri eropa, yang satu ini dari negeri sendiri dan kadang yaa maksain kaya dan sok paling bener. Namun perlakuan mereka beda, mungkin yaa karena saya ketemu langsung kali yaa, jadinya rada ga enak mau marah juga sama orang bebel kayak saya. Nah kadang ada juga kalau di sini udah mah bebel doyan marah. Kan pengen mukul kepalanya pake gantungan baju!

Bersikap sopan dan santun pada semua orang haruslah menjadi kurikulum di setiap sekolah. KEPADA SIAPA PUN! Tapi eh tapi, banyak juga nih orang-orang yang ga perlu disopanin, perlunya dikafanin aja saking sombong dan belagaknya. Tenang saudara-saudari, agar kita sama-sama enak dalam menjalin kisah kasih komunikasi, berikut akan saya jabarkan poin-poin penting agar menjadi renungan di hati dan berubah jadi manusia yang berhati.

Pertama! Costumer Service itu perantara atau mediator dari tim lain ke customer atau dari customer ke tim lain, bukan narasumber yang tahu segalanya, bukan lubang ember, jadi gausah muntahin semua tahik-tahik dari mulut seksi sahabat! Saya tahu sahabat gatel sekali buat marah-marah, tapi yaa yaudah deh. Silakan. Jadi gue kan yang nyerah. Serah lu dah.

Kedua, CS seperti palang pintu antara customer dan perusahaan. Angin-angin dari luar disaring dulu melalui CS. Apabila ada kendala di versi aplikasi tertentu, taunya dari customer dulu melalui portal CS. Kadang ada juga yang lempar tai ke pintu CS padahal maksudnya mau lempar ke dapur. Yaa rasain. Nah ntar CS ngolah dulu tainya jadi kue apem, abis itu disuguhin ke dapur, agar nanti dibuat kue donat lalu dikasih ke yang ngelempar barusan. Baik kan? Wkwk

Ketiga, mohon dimaafkan yaa kalau CS bales lama atau typo, karena kami tidak mengurusi anda saja sahabat, banyakkkkkk. Kalau mau diurusi spesial, jadilah yang spesial juga. Kata kasar dan ancaman tidak membuat kami semakin menghargai sahabat, tapi nilai-nilai sopan santun dan kooperatif lah yang dapat membantu kami memecahkan kendala sahabat. Kalau udah mah ga sopan, terus tidak kooperatif, bisa sih kami memecahkan kepala sahabat tapi!

Itu sedikit dari poin-poin penting CS, berikutnya mungkin bisa menjelaskan tipe-tipe customer ye. Karena banyak nih yang lucu-lucu dan menyebalkan di sini. Mungkin orang-orang yang lebih lama bergelut di bidang ini punya cerita lebih banyak lagi. Berikut adalah tipe-tipenya:
ORA DANTA.
Nyapa doang terus ilang, ga jelas banget. Biasanya pengguna baru nih, cuma ngirim pesan “halooo” atau “selamat siank” atau “hay Adminn,,” pusing mau bales ape. Biasanya kayak gini udah tanda-tanda nih, kalau enggak gedenya dumel doang, atau engga umurnya sebentar. Coba sahabat ikuti format ini ya: 1. Salam, 2. Perkenalan, 3. Isi masalah, 4. Solusi yang diinginkan (bila perlu), 5. Ucapan terima kasih. Sejauh ini, dari 500 pesan yang masuk ke saya, cuma satu orang yang melampirkan persis seperti itu, belasan orang cuma di angka 1 dan 3 atau 1 dan 2 atau 2 dan 4. Tapi ada juga sembilan orang yang akselerasi, dari 1 langsung ke 5. Yaa namanya Ora Danta.

Limbah B3 (BAWEL, BEBEL, BANGSAT)
Customer modelan gini nih yang pas meninggal tali pocongnya diiket di jempol! Udah Bawel banget, dikasih tahu bebel, bangsatnya ngasih review jelek. Wuaahhh udeh, customer kek gini dibenci banget dah. Udah jadi omongan sekantor. Bahkan sampai gedung seberang juga tahu beritanya. Bae-bae nih customer kalo dapet CS pendendam, bisa direview balik usahanya. Ciee, tapi di CS ga boleh menanamkan nilai-nilai seperti itu. Pokoknya nerimoooooooo aja.
Customer model begini paling banyak nih, mengingat tingkat literasi kita rendah dan tingginya arogansi orang-orang kalau di internet. Meskipun yaa satu dua ada juga kesalahan dari perusahaan, namun sampaikan dengan elegan atuh. Tapi yaa terserah sih, mungkin di imah mamah acan nyangu, jadi weh laper.
Terus, kalau dikasih tahu tuh nurut gitu, pahami, ikuti, jangan bebel. Kalau udah bebel terus bawel duh males banget ituuuuh. Capek hati dan capek mulut jelasinnya. Kalau udah bebel dan bawel, tolong jangan bangsat. Ye? Atau jangan tiba-tiba bangsat. Komplain kaga, nanya kaga, langganan kagak, ujug-ujug review jelek! Lah kocak, pas ditanya kenapa review jelek, jawabnya iseng. Yeuuu dongo!

Sok Tahu.
Sok tahu padahal salah, disuruh ngelakuin A bilangnya udah padahal belum. Disuruh upgrade versi aplikasi malah update status. Lah apa dah. Atau nyolot banget. Nih yang kayak begini enaknya diarahin ke jalur neraka. “Nah bapak saat ini ke menu pengaturan, kemudian lihat profil, kemudian hapus akun ya Pak.”
“Tapi ini bukannya bakal ilang data2 dan akun saya?”
“Enggak Pak, itu cuma restart aja, ayo klik Pak buruan.”
*Klik
“LOH akun saya mana?”
“Mampus lo monyet!”

NURUTAN.
Apa-apa diturutin. Kalem. Enak nih kalau dapet kayak gini. Saya bisa leluasa ngaturnya. Kalau ada salah dia juga gatau. Paling bilang “Ohh oke deh”. Kadang saya merasa jadi majikannya aja. Kadang juga pengen usil “hei customer bau, sana kamu cek dulu hapenya di counter strike, ntar kalau udah ketemu belatung ijo, fotoin terus kirim ke sini lagi ya! Biar kami bisa cek isi otak mamak kau”

Salah Sambung.
Ini sering nih di mana-mana. Kadang ada yang emang iseng. Kadang ada yang beneran ga tahu. Saya pernah dapet telepon bapak-bapak panik, minta tolong buat balikin uangnya dia yang ketipu. Dikiranya saya ini kerja di Gopay. Lah gue bengong. Mon maap saya ga bisa bantu woi Pak, kurang paham masalah itu. Yaudah tutup telepon. Selesainya mikir. Anjing! Kenapa enggak gue tipu sekalian aja yaa! Lumayan serebu dua rebu tidak membuat saya kaya, juga tidak membuat anda miskin, jadi ya apa salahnya ya dari pada merampok lagi bunuh orang ya tolong YAAA!
Atau tiba-tiba “nanya mau usaha tapi ga ada modal?” lah what is the kamsud bos? Atau minta cairin dana yang ada di rekeningnya... Atau malah pesen makanan, dikiranya Hokben? Rasanya tuh yang salah-salah gini pengen ngerjain aje dah. Lu pesen makanan, tungguin dah tuh sampe pala lu berjengger. Orang salah nomor. Jadi, sahabat yang teliti yaa kalau ketik nomor di hape :)

Kooperatif Tapi Otoriter.
Kadang ada nih yang bisa kerjasama dengan baik, tapi sering ngasih perintah. Macam pokoknya harus selesai besok, telepon saya ke nomor 0809 8 9 empat X, saya mau ngomong sama engineernya, beliin saya martabak telor! Bagus sih, kerjasamanya cepet dan responsif. Tapi perintahnya itu yang kadang malesin malah kadang songong! Jadinya kayak, yeu apaansi genteng kodok! Tapi yaa selama dianya asik juga dan menghargai, yaudah gapapa. Sama saya mah santai. Liat aja entar di google maps.

Ngeluh-Doang-Jelasin-Kagak.
Tanpa salam pembuka, tanpa perkenalan, langsung “ini gimana neeh gabisa?” “kok gini?” “eror Min?” pas ditanya balik, eh ilang kayak minjem uang 150rebu belum dibalikin sampe sekarang AHAHA. Pas udah baek-baek ditanya kendalanya apa, eh malah marah “jelek banget nihhhh” APAAANNNNN SUMI??? Coba jelasin yang detail coba, biar bisa dibantu prok prok prok ame ame belalang kupu kupu. CS bukan kepanjangan dari Cenayang Super, jadi ga bisa baca pikiran pusing lu! Jangan ngeluh aje, saya bukan Tuhan. Denger keluhan lu paling gue bengong. Salah gue ape, kok tiba-tiba ke gue.
Rasanya kalau ketemu customer gini, pengen nyubit kulit sikutnya deh sambil berbisik “ih kamu mah, aku cekek ya?!” “ngeluh ke aku, bahagia sama dia” beol banget sihhh.
-

Tapi ya seperti itu lah suka duka CS, seru banget, ketemu orang-orang baru beraneka ragam. Jadi pengen buat kebun manusia. Khusus menampilkan keragaman manusia-manusia unik baik fisik dan psikis. Ditunggu yaa nanti perbudakan model baru di abad 21 akhir! Ya sudah, kiranya seperti itu dulu untuk pikiran saya yang harus ditumpahkan ini. Sampai berjumpa di tulisan berikutnya yes :)

Comments