Kalau sudah banyak tulisan atau
SOP yang menjelaskan bagaimana seorang CS harus berkomunikasi dengan baik dan
benar, ramah dan sopan selalu, solutif, komunikatif, dan tidak reaktif. Iyalah,
bayangin kalau CS sering reaktif: “Bu, ini aplikasinya enggak bisa digunakan,
kenapa ya?” “SUMPAH SUMPAH DEMI APAH? BARUSAN BISA LOH PADAHAL, EH GILA GILA
ENGGAK GINI JUGA DONG!” Terlalu banyak reaktif juga dapat membahayakan
masyarakat sekitar. Liat noh reaktif Nuklir, disenggol cemberut. Tambah lagi,
sebaiknya CS jangan baperan dan siap menerima cacian dari customer. NAH, hal
inilah yang hendak ingin akan segera soon saya bahas.
Setelah beberapa hari bergelut di bidang ini, hehe, sebenernya juga udah pernah beberapa bulan di bidang “hospitality” juga, cuma yaa beda customer, yang satu cukup kaya dari negeri eropa, yang satu ini dari negeri sendiri dan kadang yaa maksain kaya dan sok paling bener. Namun perlakuan mereka beda, mungkin yaa karena saya ketemu langsung kali yaa, jadinya rada ga enak mau marah juga sama orang bebel kayak saya. Nah kadang ada juga kalau di sini udah mah bebel doyan marah. Kan pengen mukul kepalanya pake gantungan baju!
Bersikap sopan dan santun pada
semua orang haruslah menjadi kurikulum di setiap sekolah. KEPADA SIAPA PUN! Tapi
eh tapi, banyak juga nih orang-orang yang ga perlu disopanin, perlunya
dikafanin aja saking sombong dan belagaknya. Tenang saudara-saudari, agar kita
sama-sama enak dalam menjalin kisah kasih komunikasi, berikut akan saya
jabarkan poin-poin penting agar menjadi renungan di hati dan berubah jadi
manusia yang berhati.
Pertama! Costumer Service itu
perantara atau mediator dari tim lain ke customer atau dari customer ke tim
lain, bukan narasumber yang tahu segalanya, bukan lubang ember, jadi gausah
muntahin semua tahik-tahik dari mulut seksi sahabat! Saya tahu sahabat gatel
sekali buat marah-marah, tapi yaa yaudah deh. Silakan. Jadi gue kan yang
nyerah. Serah lu dah.
Kedua, CS seperti palang pintu
antara customer dan perusahaan. Angin-angin dari luar disaring dulu melalui CS.
Apabila ada kendala di versi aplikasi tertentu, taunya dari customer dulu
melalui portal CS. Kadang ada juga yang lempar tai ke pintu CS padahal
maksudnya mau lempar ke dapur. Yaa rasain. Nah ntar CS ngolah dulu tainya jadi
kue apem, abis itu disuguhin ke dapur, agar nanti dibuat kue donat lalu dikasih
ke yang ngelempar barusan. Baik kan? Wkwk
Ketiga, mohon dimaafkan yaa kalau
CS bales lama atau typo, karena kami tidak mengurusi anda saja sahabat,
banyakkkkkk. Kalau mau diurusi spesial, jadilah yang spesial juga. Kata kasar
dan ancaman tidak membuat kami semakin menghargai sahabat, tapi nilai-nilai
sopan santun dan kooperatif lah yang dapat membantu kami memecahkan kendala
sahabat. Kalau udah mah ga sopan, terus tidak kooperatif, bisa sih kami
memecahkan kepala sahabat tapi!
Itu sedikit dari poin-poin
penting CS, berikutnya mungkin bisa menjelaskan tipe-tipe customer ye. Karena banyak
nih yang lucu-lucu dan menyebalkan di sini. Mungkin orang-orang yang lebih lama
bergelut di bidang ini punya cerita lebih banyak lagi. Berikut adalah
tipe-tipenya:
ORA DANTA.
Nyapa doang terus ilang, ga jelas
banget. Biasanya pengguna baru nih, cuma ngirim pesan “halooo” atau “selamat
siank” atau “hay Adminn,,” pusing mau bales ape. Biasanya kayak gini udah
tanda-tanda nih, kalau enggak gedenya dumel doang, atau engga umurnya sebentar.
Coba sahabat ikuti format ini ya: 1. Salam, 2. Perkenalan, 3. Isi masalah, 4.
Solusi yang diinginkan (bila perlu), 5. Ucapan terima kasih. Sejauh ini, dari
500 pesan yang masuk ke saya, cuma satu orang yang melampirkan persis seperti
itu, belasan orang cuma di angka 1 dan 3 atau 1 dan 2 atau 2 dan 4. Tapi ada
juga sembilan orang yang akselerasi, dari 1 langsung ke 5. Yaa namanya Ora
Danta.
Limbah B3 (BAWEL,
BEBEL, BANGSAT)
Customer modelan gini nih yang
pas meninggal tali pocongnya diiket di jempol! Udah Bawel banget, dikasih tahu
bebel, bangsatnya ngasih review jelek. Wuaahhh udeh, customer kek gini dibenci
banget dah. Udah jadi omongan sekantor. Bahkan sampai gedung seberang juga tahu
beritanya. Bae-bae nih customer kalo dapet CS pendendam, bisa direview balik
usahanya. Ciee, tapi di CS ga boleh menanamkan nilai-nilai seperti itu. Pokoknya
nerimoooooooo aja.
Customer model begini paling
banyak nih, mengingat tingkat literasi kita rendah dan tingginya arogansi
orang-orang kalau di internet. Meskipun yaa satu dua ada juga kesalahan dari perusahaan,
namun sampaikan dengan elegan atuh. Tapi yaa terserah sih, mungkin di imah
mamah acan nyangu, jadi weh laper.
Terus, kalau dikasih tahu tuh
nurut gitu, pahami, ikuti, jangan bebel. Kalau udah bebel terus bawel duh males
banget ituuuuh. Capek hati dan capek mulut jelasinnya. Kalau udah bebel dan
bawel, tolong jangan bangsat. Ye? Atau jangan tiba-tiba bangsat. Komplain kaga,
nanya kaga, langganan kagak, ujug-ujug review jelek! Lah kocak, pas ditanya
kenapa review jelek, jawabnya iseng. Yeuuu dongo!
Sok Tahu.
Sok tahu padahal salah, disuruh ngelakuin
A bilangnya udah padahal belum. Disuruh upgrade versi aplikasi malah update
status. Lah apa dah. Atau nyolot banget. Nih yang kayak begini enaknya diarahin
ke jalur neraka. “Nah bapak saat ini ke menu pengaturan, kemudian lihat profil,
kemudian hapus akun ya Pak.”
“Tapi ini bukannya bakal ilang
data2 dan akun saya?”
“Enggak Pak, itu cuma restart
aja, ayo klik Pak buruan.”
*Klik
“LOH akun saya mana?”
“Mampus lo monyet!”
NURUTAN.
Apa-apa diturutin. Kalem. Enak nih
kalau dapet kayak gini. Saya bisa leluasa ngaturnya. Kalau ada salah dia juga
gatau. Paling bilang “Ohh oke deh”. Kadang saya merasa jadi majikannya aja. Kadang
juga pengen usil “hei customer bau, sana kamu cek dulu hapenya di counter
strike, ntar kalau udah ketemu belatung ijo, fotoin terus kirim ke sini lagi
ya! Biar kami bisa cek isi otak mamak kau”
Salah Sambung.
Ini sering nih di mana-mana. Kadang
ada yang emang iseng. Kadang ada yang beneran ga tahu. Saya pernah dapet
telepon bapak-bapak panik, minta tolong buat balikin uangnya dia yang ketipu. Dikiranya
saya ini kerja di Gopay. Lah gue bengong. Mon maap saya ga bisa bantu woi Pak,
kurang paham masalah itu. Yaudah tutup telepon. Selesainya mikir. Anjing! Kenapa
enggak gue tipu sekalian aja yaa! Lumayan serebu dua rebu tidak membuat saya
kaya, juga tidak membuat anda miskin, jadi ya apa salahnya ya dari pada merampok
lagi bunuh orang ya tolong YAAA!
Atau tiba-tiba “nanya mau usaha
tapi ga ada modal?” lah what is the kamsud bos? Atau minta cairin dana yang ada
di rekeningnya... Atau malah pesen makanan, dikiranya Hokben? Rasanya tuh yang
salah-salah gini pengen ngerjain aje dah. Lu pesen makanan, tungguin dah tuh
sampe pala lu berjengger. Orang salah nomor. Jadi, sahabat yang teliti yaa
kalau ketik nomor di hape :)
Kooperatif Tapi Otoriter.
Kadang ada nih yang bisa kerjasama
dengan baik, tapi sering ngasih perintah. Macam pokoknya harus selesai besok, telepon
saya ke nomor 0809 8 9 empat X, saya mau ngomong sama engineernya, beliin saya
martabak telor! Bagus sih, kerjasamanya cepet dan responsif. Tapi perintahnya
itu yang kadang malesin malah kadang songong! Jadinya kayak, yeu apaansi
genteng kodok! Tapi yaa selama dianya asik juga dan menghargai, yaudah gapapa. Sama
saya mah santai. Liat aja entar di google maps.
Ngeluh-Doang-Jelasin-Kagak.
Tanpa salam pembuka, tanpa
perkenalan, langsung “ini gimana neeh gabisa?” “kok gini?” “eror Min?” pas
ditanya balik, eh ilang kayak minjem uang 150rebu belum dibalikin sampe
sekarang AHAHA. Pas udah baek-baek ditanya kendalanya apa, eh malah marah “jelek
banget nihhhh” APAAANNNNN SUMI??? Coba jelasin yang detail coba, biar bisa
dibantu prok prok prok ame ame belalang kupu kupu. CS bukan kepanjangan dari
Cenayang Super, jadi ga bisa baca pikiran pusing lu! Jangan ngeluh aje, saya
bukan Tuhan. Denger keluhan lu paling gue bengong. Salah gue ape, kok tiba-tiba
ke gue.
Rasanya kalau ketemu customer
gini, pengen nyubit kulit sikutnya deh sambil berbisik “ih kamu mah, aku cekek
ya?!” “ngeluh ke aku, bahagia sama dia” beol banget sihhh.
-
Tapi ya seperti itu lah suka duka
CS, seru banget, ketemu orang-orang baru beraneka ragam. Jadi pengen buat kebun
manusia. Khusus menampilkan keragaman manusia-manusia unik baik fisik dan
psikis. Ditunggu yaa nanti perbudakan model baru di abad 21 akhir! Ya sudah,
kiranya seperti itu dulu untuk pikiran saya yang harus ditumpahkan ini. Sampai berjumpa
di tulisan berikutnya yes :)
Comments
Post a Comment