Skip to main content

Menjadi Local Staff

HALO, jadi setelah beberapa hari selalu tertunda untuk gue menulis lanjutan cerita perjalanan menjadi Local Staff, kali ini mudah2an rampung. Buat teman-teman yang baru bergabung atau nyasar ke sini, yaa silakan baca-baca dan tanya-tanya, kalau gue lagi bosen akan gue jawab, kalau gue lagi iseng gue tanya balik.

Langsung aja ye. Gimana sih ceritanya kok elu bisa jadi Local Staff atau Pegawai Setempat di KBRI/Perwakilan Indonesia? Cie. Untuk selanjutnya Local Staff gue singkat aja yaa jadi LS.

Awal cerita, ada junior gue di GSSTF Unpad bernama Dayang yang menyarankan untuk coba aja kirim lamaran ke Kemlu buat daftar jadi pegawai setempat. Terus gue tanya-tanya emang kerjanya ngapain aja sih? Yaa begindang begindung beginjreng~ Dari banyak sumber juga sudah ada yang menyebutkan atau menjabarkan lebih rinci apa itu Pegawai Setempat dan jobdescnya bagaimana. Intinya sih sama yaa bahwa Pegawai Setempat dapat bertugas dalam rangka memberikan dukungan kepada fungsi-fungsi di perwakilan, menyediakan pelayanan kepada publik, menyiapkan aspek teknologi informasi, mengerjakan tugas administrasi keuangan dan perlengkapan, hingga memberikan dukungan umum kepada perwakilan. Jadi semua-semuanya kita bantuin. Ada Uwa lagi ngangkat galon yaa kita bantu angkat Uwanya, ada Diplomat mau tawar-menawar harga marmer ya kita bantu patungan, ada warlok mau ngajuin visa ya kita bantu persulit aja anjir lu bule2 tiap ke Indonesia ngegembel aja padaan.

Oh iya, untuk menjadi perhatian sebelumnya. Gue tidak menyarankan temen2 yang saat ini lagi baca untuk percaya semua tulisan di sini yaa! Tulisan di sini juga atas kehendak gue pribadi, tidak mengatasnamakan institusi apapun. Sebagian tulisan ini adalah cerita fiktif sebagian lagi cerita karangan. Karangan Nyar. Iya sip. Hehe.

1.
Bulan-bulan Maret 2019 gue mulai cari2 informasi di blog-blog orang, di Kaskus, dan Deepweb. Setelah semuanya sudah meyakinkan dan membuat gue pede, lanjut untuk melengkapi berkas-berkas yang diperlukan. Adapun berkas2nya sebagai berikut (seinget gue ye):
CV terbaik kamu, kalau bisa pake Wordart M.Word 2003 dan font Chiller;
Pas Foto 4x6 latar belakang pemandangan sawah Jatiluwih;
Cover letter, bukan coveran lagu Maroon V sepupunya Dewi Persik;
KTP, difotokopi dulu, jangan yang asli b0s, susah bikinnye;
NPWP, kalau gaada pake GGWP juga gapapa, atau GOGORIGOG;
Ijazah, tanda pernah mengenyam pendidikan;
Transkrip nilai (yang ini keknya ga terlalu diperhatiin);
Sertifikat bahasa kalau ada, kalau engga ada pake sertifikat tanah;
SIM A, jangan kayak senior gue si Boil malah ngasih SIMSALABIM;
SKCK dari Polres, yang ini gamau dibercandain ah takut.

Nah itu, catet ye. Kalau sampe ada yang nanya lagi “bang berkasnye ape aje sich?” gue tampol lak2an lu! Kalau udah semua kekumpul berkas2nya, dicetak, masukin ke amplop coklat toblerone, dikirim ke Biro SDM lt. 6 Kemlu, Jl. Pejambon No. 6 Jakarta Pusat 10110, DKI Jakarta. Kalau gue waktu itu nyuruh diri gue sendiri buat nganter berkas gue ke alamat tersebut. Pas udah selesai gue kasih bintang 5 ke diri sendiri. Bangga banget!

Setelah dikirim dengan berkas lengkap dan mencukupi, tunggu beberapa saat (kalau gue nunggu 6 bulan, 3 bulan lagi lahiran), nanti akan dipanggil untuk seleksi berikutnya. Biasanya untuk perekrutan LS dilakukan 2x dalam setahun 20x dalam sepuluh tahun, dan 100x dalam 50 tahun, jadi memang serentak gitu. Padahal kan ga ada pengumuman apa2 ye, tapi da banyak aja gitu yang daftar. Pas jaman gue, ketika lanjut di Tes Uji Pengetahuan Umum dan Kemampuan Komputer dan Bahasa aja ada kali 300an orang. Wkwk.

2.
Alhamdulillah, gue bisa lanjut ke Tes Uji Pengetahuan Umum dan Tes Kemampuan Komputer dan Bahasa. Setelah daftar nama-nama peserta yang lolos seleksi keluar, ternyata ada 4 temen gue di jurusan yang ikut LS juga wkwkwk. Ada Opi, ada Lala, ada Boil Onta Riyadh aselole Jos! Terus ternyata ada juga 3 temen gue yang lain (satu fakultas yang sama) ikut juga. Astogeee, udah jadi rahasia umum ye ini LS! Yok Unpad ngumpul Yok!

Tes ini dibagi dua sesi. Hari pertama tentang Pengetahuan Umum. Soalnye apa aja sih Bang? Yaa umum aja gitu, kalau lu sering baca2 di BUKU PANDUAN LOLOS TES CPNS, DIJAMIN LOLOS, TIDAK LOLOS UANG KEMBALI, nah itu banyak contoh2 soalnya. Jenisnya juga beragam, tapi yang pasti selalu aja ada yang Tterupdate, misal: Olimpiade 2020 akan diselenggarakan di mana? Gue jawab, gajadi Pak, ada Corona. Nah bener kan kejadian? Atau pertanyaan umum lainnya semisal siapa Presiden Brunei? Ga ada, orang itu kerajaan. Atau, kenapa umum dibacanya u mum bukan um um? Yaa jawab sekreatif saudara2 ajalah kalau mau gagal. Asal yakin dan pake orang dalem mah insyaallah.

Jenis pertanyaannya kalau kemarin itu ada Pilihan Ganda, Ganda campuran, Ganda ganda apa yang ga jelas? Gandanta lu bang. Terus ada isian, kayak singkatan2 di lingkungan Kemlu atau kepanjangan dari singkatan tertentu seperti apa kepanjangan dari KBMSPUPJSJBI? Jawabannya Keluarga Besar Mahasiswa Sastra Padang Universitas Pajajaran Jatinangor Sumedang Jawa Barat Indonesia.

Oh iye, kalau ada yang nanya, sebenernya masih banyak ga sih praktik orang dalem di sono? Akan saya jawab, aduhh saya mah gatau euy, saya maba.

.

Hari kedua, tes Pengetahuan Komputer dan Bahasa. Komputer meliputi Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Saran gue, pas ngerjain Power Point gausah ribet2 lu mikirin desain segala macem, transmisi slide pake efek2 bom dan efek suara koin jatoh, udeh yang penting rapi, tersampaikan dengan baik, dan jelas. Kalau Excel, lu masukin rumus2 perhitungan yang bener jangan rumus trigonometri lu masukin, data yang dimasukin juga harus pasti. Terakhir, Word yang paling susah nihh, dikasih tulisan di kertas selembar abis itu emang cuma tinggal ngetik aja lu di laptop, tapi pake sarung tinju. Ga boleh typo!

Kelar tes komputer, lu disuruh benerin laptop rusak dan install ulang Windows. Catet nih! Mulai kursus dari sekarang! (Berhubung banyak yang percaya sama yang ini, ini bercanda yaa. Jangan serius2 banget ah, entar jadi tentara)

Abis itu, tes bahasa. Yang dites itu, Perancis, Arab, Spanyol, Swahili dan Tagalog. Ga deng, yang dua bercanda, yang tiga beneran, manakah yang benar itu? Ea jadi kuis dangdut. Kok Inggris nga ada Pak? Udah mainstream, udah menjadi keharusan. Eh tapi gue lupa deng ada apa kagak. Apa ada dulu yaa abis itu baru tes bahasa yang lain wkwkwk, lupa gue. Soalnya cuma Allah yang selalu gue inget.

Jenis soalnya gimana? Yaa sama aja kayak yang sebelumnya, ada PG, isian, esai, dan esia. Tapi keknya di soal itu juga banyak typo atau salah2nya dah, soalnya pas gue ngerjain, jawabannye kok ga ada yang bener nih? Gue liat ke senior gua juga dia bingung. Kelarnye gue ngobrol, Bang, kayaknya nomer 4 ga ada jawabannya dah, masa ditanya apa jawabannya apa. Katanya, engga emang lu aja tolol, ipk ga nyampe 3 kan lu? Hahahaha sama. Minum CocaCola malah bikin aus. Lah gue ngetik apaan dah?

3.
Setelah lulus dari tes sebelumnya, lanjut ke wawancara panel. Dalam satu lantai di gedung Kemlu ini kita dikumpulin untuk diwawancara satu persatu. Gue ketemu lagi sama temen2 seperjurusan, janjian pulang dari sini makan bareng.  Yang ga lolos wawancara harus traktir yang lolos hahaha.

Pertanyaan yang diajuin apa aja sih b4ng? Yaa pertanyaan2 dasar seperti wawancara kerja, jelasin diri lu, kenapa mau daftar LS, referensi negara yang ingin ditempatkan, dan siapa nabi favorit elu. Pertanyaannya diajukan menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Swahili, dan Tagalog. Ga deng canda, yang 3 bener,  2 salah. (Kayak pernah dejavu gue ngetik begitu). Ntar kalau lu ga bisa jawab disuruh pulang jalan jongkok. Dalam satu ruangan, ada 33 panelis yang akan nanyain kita. Engga, gue ga typo, sengaja gue tulis 33 biar lu pada panik.

Saran gue, fokus dan yakin sama jawaban lu. Jangan ditanya udah punya SIM belum? Jawabnya punya nih Simcard aokowakwokwokowak! Lu harus jujur, bener. Terus, jangan lupa rileks dan tetap sopan santun! Nanti mungkin ditanya, siap ga bekerja di bawah tekanan? Jawab aja, jangankan di bawah tekanan, di bawah jembatan aja saya siap! Siap2 lu diusir.

Ini cuma sebentar acaranya, dateng jam 10, wawancara jam 10.30, kelar jam 11.00, Lohor jam 12.30. Beres dari sini pulang ke rumah masing2, berdoa supaya disaranin ke negara yang lu pengen atau lebih baik dari itu.

4.
Tes Psikopat untuk mengukur seberapa psikopatnya elu. Ga deng, tes Psikologi MMPI. Ada 567 soal yang tinggal lu jawab ya atau engga. Agak sedih pas ikut tes ini, karena yang lanjut sisa gue dan Opi :(. Tes ini dilaksanakan di RSAD Gatot Subroto. Gue nyaris aja nyasar ke jalan Gatot Subroto hahaha. Tapi engga. Ini rumah sakit gede bener dah pusing gue. Parkir motor di mana, Wiji Thukul di mana. Sampe di dalem, gue nyasar, terus ada Ibu2 PNS yang kayaknya tau nih gue mau tes MMPI LS, yaudah bareng, dianterin ke ruangan tes, baik bangettt. Semoga gaji ke-13 ga dipotong yaa Bu.

Di dalem ruangan kita ngerjain itu ratusan soal. Gampang sebenernya tinggal coret ya atau engga. Ga ada batas waktu juga. Lu mulai ngerjain pagi mau dikelarin besok siang juga boleh. Palingan disuruh masuk ABRI lu. Ini soal2nya kadang2 membuat kita mikir dan merasa pernah ditanyain nih sebelumnya, karena ya emang mirip2. Ga perlu pake kunci jawaban yang ada di web sebelah. Karena yang kunci jawaban itu buat tentara. Mau lu lolos jadi LS disuruh jagain perbatasan Suriah?

Setelah menjalani tes dengan tabah dan termehek2, lanjut ke wawancara dengan Psikolog. Buset dah, baru ditanya siapa nama kamu aja bawaannya gue langsung mau cerita seluruh kehidupan gue sejujur2nya.  Jagoan nih si Ibu. Ngobrol sama doi ga bakal bisa boong. Kebayang jadi anaknya pas ditanyain Tupperware mamah mana, Nak? Dijawab anaknya, mohon ampuni hamba telah melakukan kesilapan telah menghilangkan Tupperware kesayangan mamah di sekolah, kini hamba siap dihukum cambuk :(.

Si Ibu teh megang kertas gitu, kayaknya ukuran A3, ada gambar gunung dan matahari, jalanan, sama sawah bentuk V. Di situ juga, ada chart khusus gitu yang menjelaskan hasil dari tes kita. Apakah kepribadian kita sedang baik2 saja, biasa banget, stres, atau cemas? Di chart itu keliatan. Yang ga keliatan Bapaknya Upin Ipin. Dari episode satu sampe sekarang ga pernah ada.

Nah beresnya gatau deh dinilainya pake apa. Pokoknya tunggu aja yaa, nanti dikabarin. Jadi inget petuah teman, yang pasti di LS adalah ketidakpastian. Sip.

5.
Selanjutnya wawancara dengan perwakilan. Jarak pengumuman dari tes MMPI ke wawancara dengan perwakilan kurang lebih 2 minggu. Untuk wawancara ini juga masih dalam proses perekrutan, artinya kita belum tentu diterima juga. Wawancara dilakukan via Skype. Pada tahapan ini, gue makin sedih, karena Opi juga belum bisa lanjut :(.

Rambut gue waktu itu lagi panjang tanggung, alay bet. Jadi kudu beli gel rambut agar kekentangan rambut gue bisa disiasati sebentar, seenggaknya terlihat lebih rapi dikit meskipun muka dan idup masih berantakan. Ntar kalau udah fiks lolos, baru cukur.

Di sini pertanyaannya agak lebih susah dari wawancara panel, karena kita ngobrol langsung sama yang punya hajat dan yang akan ngerekrut kita nih. Grogi dan tertekan mah ada hahaha. Pertanyaan diajukan dengan bahasa Indonesia, Inggris, dan Perancis lagi. Ada 2 orang yang rutin bertanya dan siap menilai.

Ada beberapa poin yang ditekankan dalam wawancara kali ini, yaitu siap membantu apa saja, siap bekerja sama dengan baik, dan tahan banting. Hehehe, Ibu gatau aja dulu saya waktu umur 7 tahun sering main smack down sama Bapak, udah biasa dibanting2in mah. Bismillah aja yakin semoga lolos. Amiin.

6.
Alhamdulillah ternyata saya lolos dan dinyatakan diterima oleh KBRI. Selanjutnya adalah pembekalan LS selama satu minggu di Kemlu. Hehehe enak dapet makan dan snack. Kita dibekali materi2 dan informasi yang bermanfaat untuk kita pelajari ke depannya. Jenis-jenis snack yang disajikan yaitu risol, lemper, kue manis, pisang molen, dan pastel. Tetep aje ye, walaupun orang2nya berpendidikan dan beberapa tajir2, beres makan mah sampahnya masih ga diberesin oleh beberapa calon LS-__- kalau anak w gitu nanti gue siram pake air tajin ubun2nya. Meh sadar atuh tong jorok sia blog jadi jelema.

Calon LS yang ikut pembekalan kurang lebih ada 50an orang dari masing2 KBRI di seluruh dunia, nanti kalau udah kekumpul semua di satu ruangan bakal diadu kayak Royal Rumble gitu. Yang menang bisa jadi Dubes. WKWK. Cuma satu orang yang dari LS bisa jadi Dubes (ini serius gue ga bercanda) wkwkwk. Sisanya mah mustahil. LS itu tidak ada jenjang karir, jadi, sekali lu jadi LS yaa bakal di situ terus, ga akan bisa naik jadi Homestaff atau Diplomat atau Koordinator Fungsi atau Atase apalagi Dubes. Kalau mau lu ambil LS dulu, 2 tahun kelarin, selesai, pulang ke Indonesia, daftar CPNS, masuk tentara! Hahahaha.

Selama pematerian 5 hari di Kemlu ini kita ketemu banyak orang-orang dari Kemlu, baik-baik, dan inspiratif. Ada yang ngasih materi lucu, menyenangkan, menarik, dan pastilah ada juga yang tipikal PNS, ngebosenin dan kalau ga ngantuk mah kurang afdol. Tapi semua materi dapat tersampaikan dengan baik dan jelas kok. Terus anak2 LSnya juga seru2 dan yaaa tipikal orang2 baru gimana dah macem2 sifatnya, ada yang nanya mulu kayak Simsimi, ada yang diem aje dipojokan sambil ngasah bambu, ada yang bapak2 duduk di depan rambutnya cepak basah, ada yang caper feed instagramnya sok keren, ada yang Jawa, dan ada gue yang cuma ketawa haha hehe sambil ngemil dan ngopi.

Nah,

Beberapa calon LS setelah mendapatkan pematerian tersebut, ada yang bisa langsung berangkat, biasanya udah selesai ngurus2 berkas keberangkatan, ada juga perwakilan yang emang lagi butuh cepet, dan sebagainya. Tapi berhubung gue masih ngurus ona ono, jadi disarankan untuk ikut pelatihan sekali lagi, yaitu BMN (Barang Milik Negara).

Pelatihan BMN ini dilaksanakan sekitar 2 atau 3 minggu setelah pematerian kemarin. Sekarang LS yang ikut hanya sekitar 20an orang. Sisanya kalah pas Royal Rumble kemarin. Wah di pelatihan ini pusing bet dah, karena ada banyak angka2 bukan untuk diitung tapi diinput, lu harus jeli dan teliti. Salah dikit kacrut udah barang2 yang lu urus. Saran saya, mendingan Kemlu rekrut orang yang jago UI/UX deh biar aplikasinya makin ciamik :) hehehehehehehehehe.
Kelar pelatihan BMN, lanjut ke bawah,

7.
Pengumpulan berkas2 keberangkatan. Berkas2 ini termasuk gue bikin jas dulu di Pasar Baru, abis itu beli batik, karena Ya Allah gue cuma punya 1 batik dan itu lengan pendek astaga tidak nasionalis sekali sih. Udah diwanti-wanti nanti di perwakilan sana ga ada yang jual batik dan ayam geprek level 5. Jadi kudu persiapan pakaian kerja juga. Jaket winter juga gue ga punya, tapi alhamdulillah dipinjemin dulu sama Bang Hardam ya ampun baik bet dah gue pacarin juga lu. Sambil berjalan belanja belanji yang menguras uang tabungan w, saat itu juga gue ngurus dokumen2 keberangkatan. Di antaranya kalau untuk kemlu adalah SKCK lagi, karena SKCK gue udah expired, terakhir liat di kulkas udah berjamur, Surat Bebas Narkoba (nasi rames korban banjir), Surat Keterangan Sehat, dll.

Selain itu, buat proses pembuatan Visa juga perlu dokumen-dokumen yang banyak. Gue buat visa di TLS, si Faiz kerja di situ, seneng banget gue ketemu temen lama yang ganteng. Dokumen yang dibutuhin antara lain: Paspor dengan masa berlaku lebih dari 15 bulan, formulir dari TLS, Attestation d’Emploi, kontrak kerja, renseignements, Travel Insurance, tiket pesawat, Pas Foto, Note Verbale, dan lain lain gue lupa, soalnya gue cuma inget Allah. Ada beberapa dokumen yang cuma bisa dibuat oleh Perwakilan, jadi sering2 dah kontakan yang baik.

Kalau diitung2 modal buat ngurus2 dokumen (termasuk pakaian yang baru w beli dan belanja bumbu2 perbekalan hehe) yaa abis sekitar 4jutaan.

Terus kalau visa udah keluar, siap2 tentuin tanggal keberangkatan dan beli tiket pesawat. Waktu itu gue dapet tiket harga 6,2juta. Yaa ga terlalu mahal dan ga murah2 amat sih, tapi bersyukur. Temen gue ada yang nawarin tuh ke Paris tiketnya cuma 2juta one way ticket, tapi lu naiknya pesawat telepon. Jadi, total modal buat gue berangkat kerja yaa sekitar segituan jumlahin sendiri dah. Uang-uang yang udah gue tabung selama kerja 7 bulan di Jakarta abis dalam sebulan hahaha. Oh iye, itu gue udah resign kerja dari Desember akhir, Januari gue nganggur dan foya-foya, Ferbruari awal banget baru otw. HHHHH.

8.
Udeh sampe.
Hehehe, alhamdulillah sekarang gue udah di sini baru hampir 3 bulan, dikit lagi probation. Harus kerja yang bener terus dan tetap disiplin, semoga menjadi berkah dan manfaat. Berikut ini ada sedikit foto2 yang mau gue kasih liat, jangan banyak2 ntar dikiranya gue kerjaannya jalan2 doang. Ntar lanjut ke cerita tentang Paris selama gue di sini yaa hehe, tunggu bentar ini lagi sibuk.






Terima kasih sudah merelakan waktu untuk membaca sedikit tulisan w, kapan2 ketemu lagi di sini dalam keadaan berbahagia.
Dahhh.


.
19/04/2020

Comments

  1. Replies
    1. Terima kasih Isel, senang kita bisa ngobrol lagi :)

      Delete
  2. Sukaaaa baca story nya, bisa dijadikan bahan contekan hehehe. Anyways... merciiii

    ReplyDelete
  3. Mas boleh tanya nggak, itu SIM A diawal yg yg jd kelengkapan dokumen wajib banget ya? Soalnya mau daftar berkas udah siap semua tp gaada SIM A.. kan sedih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, untuk SIM A sangat disarankan untuk dilampirkan yaa, karena memang Local Staff juga dibutuhkan untuk bisa menyetir kendaraan di perwakilan. Tapi gapapa, dicoba dulu aja, semangat!!!

      Delete
  4. Kak makasi banyak sharingnya, mohon izin bertanya untuk pengumuman seleksi berkas administrasi menuju tes wawancara itu betulan 6 bulan kah? Atau berapa lama ya kak? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf baru cek lagi, kemarin pusing cari uang ilang. Untuk waktu itu jamanku iya, soalnya kan aku kirim lamaran di akhir batch 1, jadi aku dimasukkin ke batch berikutnya, jadi aja nunggu 6 bulan. tapi temen2ku yang lain nunggunya cuma 1 atau 2 bulan kok :)

      Delete
  5. Gaya penulisannya jago buat ketawa😂 sukses selalu masa sampai bertemu di Eropa yaaaa i would be there

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah YESSS! Kabarin yaa kalau udah di sini heheh

      Delete
  6. ketawa sampe bengekkk!!! makasih kaaak informasinya. doakan yaaa saya lagi ikut seleksi periode II 2020 niiih. anw semoga selalu aman sentosa di paris!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siappp, amiinn terima kasih doanya. Kamu juga semoga lolos seleksi yaa :)

      Delete
  7. Kak boleh minta WA atau email kk? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emailku di hidayantochoirul@gmail.com, atau bisa juga kontak via instagram di atas yaa

      Delete
  8. Niat mau belajar, malah berasa nonton stand up comedy, anjay 😂 much love ❤️ semoga gue berhasil juga tahun ini. A- 🙏

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Thank u sharing nya, kalo boleh tau ditempatkan di paris karena bisa bahasa perancis sebelumnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga tau yaaa, kemungkinan sih iya. heheh

      Delete
  11. Terima kasih mas atas sharing nya. Mau nanya mas, tapi ini di luar materi2 di atas, mungkin penting juga.
    1. Boleh ga Kita bawa istri ikut ke tempat tujuan kita kerja, biar ga ngepul 2 dapur?he...he...

    2. Berapa total salary bulanan utk LS, perkiraan di range berapa?😉

    Terima kasih mas, sukses terus di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas...
      1. boleh2 aja Mas. Gapapa, banyak juga kok yang bawa pasangan.
      2. untuk itu biasanya pasti minimal umr negara tersebut kok, Mas. Tapi perlu diingat bahwa LS tidak ada tunjangan sewa rumah, jadi yaaa perlu diperhatikan juga pengeluarannya hehe.
      Sama-sama Mas, semoga sukses selalu jugaa

      Delete
  12. halo kak... instagramnya apa ya? mau tanya-tanya huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin jawab ada di home blognya ka ignya

      Delete
    2. Halo Silvira, instagramku di @sayurcaphoi ya, terima kasih bantuannya juga Rendi :)

      Delete
  13. halo kak, selamat siang. Maaf mau tanya, untuk yang tidak lolos seleksi MMPI apa tetap akan dikabari via email? Terima kasih ya kak sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, biasanya untuk yang tidak lolos tidak mendapat kabar ya. Nanti kamu bisa tanya2 ke teman seangkatan aja, apakah sudah ada yang lanjut ke tahap berikutnya, atau belum ada. Semangat!

      Delete
  14. Halo kak, mau nanya. Kira2 peluang untuk fresh graduate keterima jadi local staff KBI besar engga ya? Apakah orang2 yang udah punya pengalaman kerja lebih diutamakan?
    Terima kasih kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, punten baru bisa bales, lagi pusing hahahaha. Peluangnya sama2 besar kokkk, kemarin banyak juga temen seangkatanku yang freshgraduate, tapi ilmu/bahasa/kemampuan/pengalaman di kampus pastinya juga diperhatikan.

      Delete
  15. halo kak, saya ingin bertanya perihal bahasa, apakah semua calon akan ditanyai bahas prancis dan arab? terima kasih sebelumnya kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, Ara. Bahasa kedua yang dimiliki tinggal diinfokan saja, maka yang dites adalah bahasa yang kita mampu.

      Delete
  16. halo kak, saya ingin bertanya perihal bahasa, apakah semua calon akan ditanyai bahas prancis dan arab? terima kasih sebelumnya kak:)

    ReplyDelete
  17. Kak itu jadi LS Kbri di paris, emang kemauan kakak sendiri ?atau di tempatin di paris?apa tergantung bahasa apa yang kita kuasai ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Drian, pertama akan ditanya saat wawancara panel (dan sudah mengetahui perwakilan manayang buka lowongan) "mau ditempatkan di mana? dan fungsi apa?", kedua disarankan/diarahkan oleh panelis "Anda diterima di perwakilan ini. Kalau masih berkeinginan, silakan lanjut ke tahap berikutnya" kalau menolak pilihannya dua: dicarikan yang baru atau tidak diterima, ketiga semua pertimbangan tersebut berdasarkan kemampuan dan kebutuhan yang diperlukan (bahasa salah satu faktor besarnya).

      Delete
  18. Maaf mas, apa mas masih sebagai local staff sampai sekarang? Karena setahu saya kontraknya pernah 2 tahun ya

    ReplyDelete
  19. Maaf ka mau tanya untuk persyaratan SIM A itu wajib untuk semua peserta ?

    ReplyDelete

Post a Comment