Skip to main content

C O L O C A T I O N


Hari ini gue mau cerita tentang tempat tinggal gue selama di Paris ah, biar nanti2 kalau ada yang nanya gimana tinggal di sini tinggal kasih lihat tempat tinggal gue yang tinggal segini. Lama-lama kata tinggal kalau diucapin terus2an aneh deh. Apa coba tinggal? Ting Gal. Ayuting Ting meningGal.


Pertama, Paris 17e.

Gue tinggal di Paris 17e, tempatnya strategis banget, turun ke bawah nemu bunderan jalan, ke kanan ada stasiun RER C, ada halte Bis 4 jurusan, ke kiri ada stasiun Metro 3, ke kantor cuma 3,5km kadang2 kalau jalan cuma 40menit. Deket pusat belanja, Bank, laundry, cafe dan restoran yang ga bakal gue datengin.

Oh iya, di Paris itu ada 20 arrondissement, mungkin kalau di Jakarta namanya kecamatan kali ye? Daerah 17 dan 16 bisa dibilang kawasan elit dah, mahal-mahal, tapi banyak tai anjingnya -,,-. Nah gue tinggal di deket situ, daerah 17. Kamar gue lantai 7, tanpa lift :) jadi tiap hari kudu merangkak naik ke atas latihan fisik bagian betis dan paha atas.
Kamar gue itu-bisa dibilang-di loteng, di paling atas gedung, di bangunan tua tipe Haussmann. Jadi yaa tua, lantainya tua, pintunya tua, toiletnya di luar dipake rame-rame sampe tua. Emang harganya ga mahal, TAPI ada satu hal yang membuat gue akhirnya nyerah harus pindah.

Hampir tiap malem jam 2 gue mau nangis, bengong, putus asa, ga bisa tidur nyenyak. Gue sudah berusaha dan berdoa agar bisa tidur lelap tapi gabisa. Gue diabisin sama makhluk ini. Tiap bangun tidur merupakan mimpi buruk buat gue karena badan dan muka gue berubah. Semuanya bentol2 merah, gatal, dan berbekas. Lu tau makhluk apa yang mengkeroyok gue?
SI BANGSAT. Ini bangsat banyak banget ye, sampe bikin basecamp di celah2 rak kasur. Kesel banget. Abis badan gua. Padahal baru seminggu tinggal di situ gue udah nyerah. Sisanya, di minggu kedua dan ketiga gue kadang2 pulang ke rumah, nginep di tempat orang, tidur di kereta, nomaden. Minggu keempat gue bener2 ga nyentuh kamar gue lagi, gue nginep di mana aja dah sebisa gua, pake sleeping bag, ngampyar di lantai, numpang nginep. Pusing pala gue tidur ga nyenyak.

Tapi ya, yang gue takutin adalah gue jadi carrier, bukan virus Covid yang gue bawa, tapi Bangsat! Bayangin lu ketemu orang lain, disapanya bukan “apa kabar, gimana, sehat?” tapi “hey, manusia kutu, udah ilang belum kutu2nya?” Dalem hati gue merenung, buset salah apa gua :(

Tapi yaudah, harus pindah rumah. Sambil gue luntang lantung, ya sambil nyari rumah2 baru. Nah selama proses pencarian ini banyak juga penipu2 yang au ah gelap. Hati2 yaa nanti kalau misalnya nyari apartemen terus ke beberapa situs sewa apartemen. Gue pernah dapet, buset kamarnya bagus banget, mewah, tapi harganya miring abis. Gue iseng coba kirim email, terus dibales sama dia:
Lu terjemahin sendiri dah
Wuihh, seneng bukan maen gue, ada bathtub, kasur empuk, jendela gede, harga cuma segitu. Tapi abis itu gue bengong lagi, ah masa iye. Akhirnya gue coba cek gambarnya ke Google. Dan, wakwakwak doi ngambil gambar2nya dari sebuah hotel di Lyon. Udah fiks nipu ini mah. Bye.

Setelah cari-cari sekian lama tapi ga lama2 banget, yaudah akhirnya ketemu apartemen di wilayah Versailles, tapi colocation. Artinya, semacam ngontrak bareng sama yang lain dalam satu apartemen, yaa kayak biasa, masing2 punya kamar, tapi dapur, toilet, dan kamar mandi dipake bareng2. Jadi kalau gue mandi, yang lain nyeletuk “eh bareng dong, bareng”.

Kedua, Versailles.

Coloc 1.
Pindahan nih ya. Bawa-bawa koper lagi, tapi untungnya ada lift, jadi ga perlu ngangkat2 koper 30kilo lagi ke lantai 7 naik tangga. Kamar gue di lantai 3, jendelanya ngarah ke jendela lain, tapi ada pohon sih, lumayan bisa jadi konten instastory galau2an.
Nah pertama, partner gue tuh harusnya sama Bapak2 yang punya apartemen ini sebut saja Armando Madanora, umur 45 tahun, pekerjaan konsultan properti, anaknya cewe semua, tiap weekend katanya sering main, aslinya bewokan tapi di foto WA kagak. Satu lagi sama seniman ulung asal Iran sebut saja namanya Kleng Hans Jaya Motor, umur 46 tahun, dulunya jagoan mabuk, gambarnya bagus2.

Tapi ada bangsat juga di sini, 2 hari berselang yang punya rumah malah pindah ke kota untuk mencari berlian. Jadi weh gue ditinggalin berdua, lah anjir digocek gua. Uang sewa jadinya naik gara2 ga bertiga cenah. Kan bangsat!

Dengan Kleng Hans Jaya Motor gue pernah diomelin gara-gara sering keluar pas Corona, katanya itu membahayakan dia dan anaknya. Lah kan gue kerja om, disuruh dateng ke kantor yaa gue nurut. Bukan iseng ke sawah nyari belut. Eug nyari uwang.

Terus pernah diomelin lagi gara-gara berisik di dapur pas malem2 dan pagi2. Yaa maklum ye kemarin gue pulang kantor jam 9an, nyampe jam 10. Gue laper ye masak. Paginya gue kudu berangkat pagi2 lagi, jadi jam 6 gue siapin sarapan. Gue lupa apa klontang klantong ya pas kemarin, tapi yang jelas gue ga sampe teriak2 nyanyi lagu Bolo-bolo sih.

Nah pas nunggu bis, gue di-WA sama dia, yang intinya, lu semalem bangunin anak gue karena buat keberisikan, terus tadi pagi juga lu bangunin kita gara2 lu berisik, lu gabisa kek gitu terus br0w. Btw, anaknya dia mah udah umur 8 tahun. Yaudah nasihatnya gue terima dengan lapang Dodi Kangen Band.

Sempet diem2an aje tuh, atau main kucing2an, kalau dia di kamar, gue ke dapur, kalau dia di dapur gue mandi, kalau dia mandi gue kunciin dari luar, mampus lu jadi sabun cuci tangan bekas Covid. Nah, belakangan gue baru tau kalau yaa ternyata anaknya ada penyakit gitu yang kudu minum obat buat tidur. Beberapa kali dia nyebut epilepsi. Ohh, yaudah, gue juga harus hati2 kalau begitu. Kasian. Maaf ya.

Coloc 2.
Dunia percolocan tidak berhenti di sini. Setelah gue perang dingin dan minggat dari rumah selama 4hari, numpang di rumahnya Mas Ari, pas balik, eh ada anggota baru. Ibu2 kampung dari pertengahan Perancis bernama Melani Ricardo Salampessy. Pertama pas ngobrol mah kayak, wah si Ibu “budeg” nih, kaga mau denger omongan orang, maunya ngomong terus dan sering mensugesti2 yang ga baik buat diri sendiri. Tapi yaudah.

Terus abis itu depan kamar w kan sebelah kirinya kamar mandi dan toilet langsung. Nah, sebelum ada si Melani nih, aroma lorong dan kamar mandi teh normal2 aja. Tapi pas ada dia buset, kayak bau tai kering. Asli. Gue ga ngerti dia pake sabun jenis apa, atau badannya dia gimana, atau jenis beraknya kek gimana. Tapi aneh banget baunya. Di bawah ini bakal gue jabarin semua keanehan dan tabiat2nya yang tidak patut dicontoh. Gue urutkan dari ruangan2 aja ya.

Kamar mandi. Yang awalnye keset di kamar mandi itu kering, sekarang abis dia mandi jadi basah, lepek, beneran kalau kita injek itu airnya nyerep ke kulit. Terus abis dia mandi, kesetnya dia taruh di pinggiran bath tub, lah buset ngejemur b0s? Terus gagang shower harusnya mah digantung lagi, ini malah taruh di bawah, deket kran. Tutupan bathtub supaya airnya ga ciprat2 ke luar yang harusnya dideketin ke dinding badinding malah dikedalemin (apa tuh bahasa gue dikedalemin, pokoknya dibuat masuk ke dalem ke arah bathtub).

Kadang2 botol sampo atau sabunnya digeletakin gitu aja di bathtubnya atau deket kran, ya Allah. Terus cerminnya dia (di kamar mandi ada tiga cermin berjejer, punya dia yang paling kanan) kotor bet bekas cipratan2 air. Ih kesel banget liatnya. Jadi berantakan dan kotor. DAN DIA MANDI 2x SEHARI. Waktu itu malah kata si Kleng dia pernah mandi jam 2 malem, padahal dia pulang kantor biasanya jam 5. Capek :(. Yang terakhir dan gue kesel banget adalah dia gosok gigi tapi nyalain kran air terus2an, ada kali 6 menit lebih kaga dimatiin dan terbuang sia2.

Toilet, ini tai nih. Jadi kan emang masih ada persediaan tisu rol dari si Armando, nah gue sama Kleng itu cukup 1 rol aja buat seminggu. Tapi semenjak Ibu berkepala rusa ini datang, dalam 1 minggu abis 3 rol. Lu bayangin dah. Emang dia berak dari pori2 kulit apa gimana jadi ngelap semua badannya? Terus bekas beraknya tuh ga disikat lagi kek berak di empang lele lu, Bu! Pernah gue pergokin sisa tai dan darahnya. Dalem hati gue bingung, ini bekas ada pemberontakan di pantatnya apa ya? Makanya makan yoghurt! Udah gitu kesetnya kotor kayak bekas dari semak2 gitu, gatau kenapa makin hari makin kotor.

Dapur dan tempat cuci. Ini si Kleng mergokin langsung cara dia nyuci piring. 1. Kran dinyalain terus2an, 2. Taruh piring di bawah air, 3. Semprot piring dan sekitar wastafel pake Sunlight, 4. Gosok2 dikit selagi piring disirami air, 5. Udah. Udahhhh! Itu sabun cuci piring yang awalnya penuh, langsung abis sama dia dalam satu setengah minggu. Terus, spons yang masih bagus udah dijadiin lap wastafel, spons lap wastafel yang sebelumnya dibuang dua2anya.

Terus, ke mesin cuci, dia tiap dua hari sekali nyuci, dan pakaian yang dicuci cuma dua setel palingan, tapi detergent yang dipake 30 liter. Buset, itu gue awal dateng detergent dan softener masih 3/4 isinya, tapi pas dia dua minggu di sini, langsung abis! Bener2 abis. Softener ada 2 botol abisss, detergent 2liter, abissss. Gue curiga itu softener dijadiin topping salad buah dia. Terus gue pernah liat di tong sampah, ada sempak cewe yang ada tisu darahnya. Astagaaaa, geli banget gua wkwkwkwkw. Kotor sekali si gadis desa ini. Saya menyerah om!

Tapi alhamdulillah, si Ibu Salampessy ini bertahan cuma 3 minggu. Abis itu caw. TAPI TAU GAAA? Dua hari sebelum caw itu Ricardo berantem dulu sama si Jaya Motor ini malem2 wkwkwkw, ributin masalah tisu yang disembunyiin wkwkwkwk, gue dengerin aja sambil ketawa2 dalem hati. Masalahnya 4 hari lalu, si Kleng Hans cerita ke gue di dapur,  “eh sebenernya si Ibu eta teh baik dan menggemaskan tau” gue dengernya jijik sendiri sambil kasih respon, “AH NYANG BENER AJE?” Ahhh, sedih sekali mereka harus berpisah wkwkwkkw
Coloc 3
Saat ini masih menunggu satu kandidat baru yang akan pindah ke sini. Kita tunggu kelanjutannya aja  ya!

Dahh!

Comments