Skip to main content

Cerita Ringkas Perkuliahanku


Kemarin aku mendapat tugas dari temennya Ichlas namanya Siti, untuk menceritakan hidupku di masa kuliah hingga bisa ke sini. Baiknya kita mulai dari mana? Hm dari kebingungan aja ye. Asli aku juga bingung kenapa bisa di sini. Dulu pun waktu diterima oleh Unpad juga bingung. Mungkin berkat doa kakakku yang pergi haji. Jadi aja keterima. Sambil mengenang masa-masa kuliah, mari kita mulai sedikit bagian kisahku.

Masuk Sastra Perancis Unpad angkatan 2013, ketemu teman-teman yang sekarang jadi dekat dan kusayangi. Motivasi masuk situ, engga tau ya kenapa, ini gue nulisnya juga sambil ketawa-tawa haduuu malu wkwkwk. Kalau inget dulu mah kocak juga kenapa w pilih Sasper. Sampe yaa ada bisikan-bisikan “kalau masuk sastra lulusnya mau ngapain, mau jadi ape? Bikin pantun?” Terus udah mah semester satu w goblok bat, IPK cuma 2,4, Ilung di bawah gua wkwkwkwkwk yaa sedih banget kalau melihat akademik tahun-tahun pertama.

Tapi abistu (setelah kena omelan orang tua, dibilang malu2in, buang2 uang, apalagi ada “petuah” dari orang yang katanya pinter, baik dan diagung2kan di keluarga sumatra sana kalau kuliah ga dapet IPK 3,5 mah buat apaan, anjayyy siap OM pelit J, dan suara-suara hati terdalamku) akhirnya gue berniat menaikkan IPK gue, usaha bener2, ambil strategi, ikut semester pendek, dan mengulang mata kuliah yang nilainya ancur, serta tidak lupa berdoa setiap selesai solat, biarin minta muluk-muluk ke Allah, seenggaknya kalau ga dapet langit bisa dapet puncak gunung.

Sebenernya kalau kuliah itu gratis, gue bakal ambil waktu terlama buat lulus. Kenape? Karena manfaat dan ilmu yang didapat saat kuliah itu banyak banget, dan waktu untuk belajarnya juga enak. Tapiii ya didesak mulu sama raja terakhir harus lulus cepet, yaudah 9 semester. Wajar. Normal. Gapape. Asal bahagia. Gue ngerjain skripsi waktu itu 3-4 bulan. Itu juga edan2an, ga boleh males, harus rutin  bimbingan, sampe mau nangis tengah malem. Tapi tunggu pas udah selesai semua deh, nanti itu bakal jadi hal yang menyenangkan untuk diingat. Bakal kangen masa-masa begadang, kerja bareng, di depan laptop terus-terusan, dengerin lagu di playlist, dan stuck dengan tulisan.

Gue mahasiswa yang lebih aktif di kegiatan organisasi dan kepanitiaan. Kalau dibanding jam belajar gue di kelas sama di luar mah banyakan di luar. Gue ikut GSSTF, ini yang bawa gue bisa ke Palembang, Makassar, dan Malang secara gratis, banyak kenal temen2 teater lainnya, nonton pementasan dari daerah lain, sampe ada senior teater lain yang minjem duit ke gue tapi belum dibalikin sampe sekarang wkwkwkw. Gue juga ikut Blue Hikers, yang gue seneng banget akhirnya bisa masuk ke organisasi yang bisa mewadahi gue untuk manjat-manjat papan ga diomelin, manjat tebing difasilitasi, mendaki gunung ga cuma sekadar gegayaan, dan segala macam ilmu kealambebasan yang pasti akan berguna di kemudian hari. Lalu gue juga ikut Himaper, nah kalau ini ngajarin banyak tentang birokrasi kampus, bikin kegiatan kampus, mencintai jurusan dan angkatan, serta pendalaman keorganisasian. Terakhir gue juga ikut UFFU, ukm olahraga yang sangat berprestasi, dan yaaa apalagi yaaa gue suka aja flagfootball. Ini UKM yang paling kacrut sih, gue selalu seneng tiap latihan dan kumpul, ketawa mulu anjeng hahahahahhaha.

Sisanya gue ikut kepanitian, hampir semua kegiatan kampus gue ikut jadi panitia. Tiap semester mah ada kali 2 atau 3 kepanitiaan gue ikutin. Makin kenal banyak orang lagi, makin sering dapet konsumsi gratis lagi hahaha, makin sering pusingin kepanitiaan daripada perkuliahan, makin abis duit gue soalnya diminta patungan buat bikin kaos wkwkwk, yaudah tapi itu semua seru dan menyenangkan bagi gue. Dari situ juga kita bisa belajar cara kerja yang bener, komunikasi sama orang lain gimana, dan menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan yang ada.

Selain organisasi dan kepanitiaan, gue juga sering ikut lomba. Dari semua lomba yang gue ikutin gue lebih sering lagi kalahnya hahahahaha. Tapi ya bodo amat, gue seneng dengan proses menuju hari puncak lomba tersebut, gue seneng melihat hasil latihan, hasil kerja, dan hasil karya gue. Yaa nuhun semuanya jadi manfaat buat diceritain ke anak cucu atau orang-orang yang mau dengerin seperti kalian. Hehehe. Syukur2 bisa diundang ke acara hitam putih ngobrol2 seru...

Iya, temen gue banyak, tapi kadang yaa gitu, jadi malah bingung mau pilih nongkrong sama siapa, hari ini harus ke mana, kalau gue jalan sama mereka (A), nanti gue ninggalin mereka (B), atau kalau di saat yang bersamaan ada acara yang harus dan pengen gue datengin, yaaa di saat itulah gue hidup, karena menentukan pilihan. Anjay, udeh kek pemilu tiap minggu milih. Rasanya tuh pengen bagi dua diri gue, untuk kegiatannya masih kuat gue ikutin, tapi kesempatannya itu gabisa gue gunakan. Tapi seru sih, tapi engga juga sih, tapi seru. Entar kita pas masa tua akan merasa lebih kesepian deh, huhuhu. Jadi kangen masa-masa kuliah.

Ohiya, gue ga KKN hehehehe, tapi dapet A hahahaha, yaa tapi sedih sebenernya, karena temen2 KKN gue keliatannya baik-baik semua dan bersahabat. Gue pengen banget KKN padahal, kenal orang baru dan ketemu warga lokal. Tapi yaa itulah hidup, semua tentang pilihan. Gue meninggalkan KKN untuk milih latihan teater dan kegiatan diklat mapala. Hasilnya? Teater yang waktu itu gue garap cuma jadi wawokaowkoakwokawok dan mimpi buruk sebelum tidur, dan diklat itu yaa gue jadi panitia aja hehe, tapi puas nendang2in si Kyrick hehe maap ye.

Soal pilihan ada lagi yang tak kalah lucu, waktu itu di bulan Juli, Ilung berangkat untuk jadi tour guide di Bali, gue milih latihan lari dua bulan untuk lomba Trail Running. Otak polos sok positif gue mikir gue bakal bisa menangin lomba itu. Yaudah lari terus dah sampe badan gue kurus kering kek penggaris besi. Pas hari lomba, di tengah pelarianku, mental hancur, baru km 9, gue udah jalan, semua latihan2 yang gue jalani selama dua bulan sia2, bahkan gue kalah sama orang yang jarang latihan dan semalem dia begadang. Pikiran gue semrawut, menyesal, dan kesel! Sedih. Ilung pulang dari ngeguide, beli motor CB. Makin sedih. Tapi harus ada hikmah yang patut kita ambil, kan? Selama gue latihan lari, gue lebih mengenal diri gue, napas gue, badan gue, pikiran gue. Saat lari sampe cuma  3 jam itu, gue belajar banyak buat lebih berkembang lagi, terutama masalah mental saat bertanding. Hahahah ya gitu dah. Kadang kalau mau tenang dan damai, kita harus menjadi positif. Tapi kadang kalau jadi positif juga susah dan belum tentu tenang, jadi ya masa bodo anjing dah.

Setelah itu, hal menarik lainnya dari kehidupan kampus adalah romansa percintaan. Saat-saat kita suka sama orang lain, perasaan kagum dan sayang ke orang itu, perasaan sedih karena ditolak atau kecewa, perasaan semangat saat pdkt. Sesi curhat tiap malam hampir selalu diisi bagaimana rasa cinta kita ke dia, bagaimana cara mengungkapkannya, apakah akan berakhir bahagia atau sia-sia? Kalau gagal? Maka teman terdekat yang akan menghibur kita, sahabat karib berkumpul bersama, kemudian hari-hari berikutnya akan menertawakan bersama melihat kekonyolan tingkah kita saat gila karena cinta. Tapi ini juga seru.... Duhhh, anak muda.

Hehe

Balik lagi. Waktu ngerjain skripsi itu karena gue sastra, jadi objek penelitiannya adalah novel. Gue inget kata-kata kaprodi gue, buat paham betul dengan buku itu, kita harus baca minimal sampe 5 kali, pertama buat tau cerita, kedua buat liat alurnya, ketiga pahamin ceritanya, keempat cari tahu apa yang mau dianalisis, kelima analisis. Itu tiap hari kerjaan gue cuma baca buku dan buka kamus. Itu buku udah gue uwek2 isinya coretan arti dari kata-kata Perancis, sampe-sampe Alquran lebih jarang gue buka ketimbang novel itu. Astaghfirullah.

Tapi syukur gue dapet pembimbing yang super baik. Lu kalau udah dapet pembimbing baik dan siap sedia untuk bimbingan jangan lu sia2in dah asli. Harus rajin bimbingan, jangan males, terus pas bimbingan juga fokus, kerjain langsung, deadline jangan kelewat, dan jaga komunikasi sama dospem J. Tiga bulan ngurus skripsi, siap sidang di Januari akhir, udah nyebar undangan ke orang2 dan ngatain Sasa belum sidang juga, EH TIBA TIBA HARUS DIUNDUR KARENA NILAI TOEFL GUE KURANG ANJING. Wkwkwkwk gue diketawain balik, itu hidup juga, kadang di bawah, kadang di bawah lagi L. Tapi jangan mau kalah! Kita harus tetep berjuang. Gue ikut Toefl lagi, dan akhirnya bisa pas sama target. Alhamdulillah. Setiap keberkahan dan kenikmatan harus kita syukuri dengan sungguh. Sidang normal dan lancar seperti biasa. Lulus dengan baik, foto-foto, sahabat karib semuanya datang memberi selamat, terima kasih semuanya. Lalu setelah selesai sidang skripsi, IPK gue jadi 3,07 hahahahahahahah yaudah alhamdulillah yaa terus naik dari semester 1.

Jadi kangen masa kuliah. Lanjut ya?

Setelah beres sidang bulan Februari, aku masih di kampus dan numpang tinggal di kosan Ilung. Ada kali 3 bulan. Di bulan-bulan tersebut ada lagi masa yang lain, saat semakin dekat dengan Ilung, Sasa, dan Empine. Kayak penghuni terakhir jatuhnya. Gue masih inget itu bau kamar mandinya ilung, shampoo yang gue pake waktu itu, bunyi keran airnya yang kek arung jeram, kasur tipis yang gue pake, laptop yang gue taruh di rak kayu bekas buah2an Kramat Jati, pintu yang keganjel lemari gue, sepatu yang berserakan di depan, ruang nonton yang panas kalo siang dan dingin kalau malem, bau rokok kamar sebelah atau Febri atau Iyan atau Kuda. Baru bisa tidur jam 3an, berburu nasi padang, minjem uang Ilung, persiapan Wisuda, makan bareng-bareng, naik motor ga kuat pas tanjakan Hegarmanah, Sasa kek refugee ngungsi mulu ke Cika, lomba masak mie tektek, beli gorengan Warjem, ahh jadi mau nangis, hahahahah kangen banget, Febri diomelin Mang Gembling, aa aa yang jualan cilok paling enak, ibu nasi goreng yang anaknya ketangkep narkoba, lawakan khas Cika, nonton film bareng, ngopi dan nongkrong di tempat baru dan langganan, dan lain lain lain lainnya yang nyenengin banget lagi.

Akhirnya hari wisuda dateng, Mei 2018, gue caw dari kampus juga dari Nangor. Bersedih hati harus meninggalkannya. Dadahhh. Aku nganggur dulu.

Tahun 2018, bulan Juli tgl 1 gue ke Bali, kerja freelance sebagai tour guide, yaa dengan skill yang biasa-biasa aja dan usaha belajar mati-matian, alhamdulillah kena “cut” di tengah jalan WKWKWKWK yaa emang guenya juga yang belum siap dan kurang materi. Yaa itulah dunia kerja, kalau ga bener, putus! Terlantar lagi gue di dunia. (Eh tiba-tiba gue keinget bau dupa Bali hahahaha.) Pokoknya baru kerja 4 hari, abis itu gue diputus karena kesalahan w dan w goblok bat, alhasil gue nganggur lagi di sana luntang lantung cari kerjaan di tempat lain sampe 2 minggu. Setelah itu dapet lagi kerjaan, alhamdulillah bisa makan dan nabung lagi. Bisa jalan-jalan gratis ngelilingin Bali, dapet uang, dapet makan, yaa alhamdulillah.

Lengser kerja dari Bali itu bulan September tanggal 30. Balik ke rumah berasa orang kaya, masih foya-foya belum mikirin kerja lagi. Gue sama Ilung nongkrong mulu, jalan-jalan lagi ke Bandung dan Nangor. Bahagia dah......... sampe akhir Desember.

Januari gue mulai khawatir dan stres hahahahaha, duit menipis, mau nangis, lamar kerja belum dipanggil, bingung mau kerja apa, pilihan kerja ga sesuai yang diinginkan, meresa kompetensi gue masih cemen, ini gue selama di kuliah ngapain aja dah tai wkwkw, gue bingung, hidup gue apaan kocak, gue harus ngapain, masa depan gue kayak gimana entar, tai dah. Rambut udah banyak uban. Gue nanya-nanya ke Fabian, lu waktu baru lulus, ngelamar kerjaan itu sehari bisa berapa kali ngirim lamaran? Dia jawab sehari bisa belasan kali, sedangkan gue cuma 2-4 aja capek, gue masih terlalu milih2 padahal kemampuan ga seberapa. Sulit emang, tapi kalau kita terus berusaha dan berdoa (inimah bener euy, bukan gegayaan) eh dan hoki juga, yaa insyaallah bisa. Jangan nyerah. Atau mungkin karena kita belum ada di titik terbawah jadi kita belum berusaha sekuat tenaga? Yaa pokoknya semangat!

Gue masih terus nganggur dan di rumah sampe bulan Maret. Abang2an udah pada sukses, junior udah pada kerja, temen seangkatan pada sibuk, gua ngapain ya bangsat L. Itu gue masih ngirim2 lamaran, ikut tes kerja, wawancara, yaaa dan semuanya gagal wkwkwk, sampe akhirnya ada senior gue nawarin kerjaan. Alhamdulillah baik banget, gue terima. Kata dia, “lu bisa sambil2 cari kerjaan lainnya, intinya mah di sini buat nambahin uang jajan lu aja, dan kalau lu keterima di tempat lain, kasih tau ya, gapapa.” Oke Bang. Siap.

Ohiya, 2 kerjaan ini sebelumnya gue bisa dapet juga karena relasi hehehe, ibaratnya kek orang dalem. Yang di Bali ada senior gue jadi manajer di sana, tapi gue malah kecewain dia, maaf yaa Bang :(. Yang di Jakarta ini senior gue dari flag football, dia lagi dapet projekan dan masih butuh orang.

Nah, baru kerja sebulan, ternyata lamaran gue yang di startup diproses, ini juga dapet referral dari temen teater gue si Fabian, gatau kenapa yaa akhirnya wawancara, saat itu kantor juga sedang membutuhkan orang, dan gue diterima. Seneng banget tuh gua, akhirnya ngerasain kerja di startup, dapet lunch, anak2 muda semua, di gedung tinggi lantai 17, kadang main ke rooftop di lantai 26, anjay dah. Gue kerja cuma sampe 7 bulan. Karena,

Lamaran yang gue taruh sejak bulan Maret di Kemlu, akhirnya baru diproses pada bulan September. Gue mendaftar sebagai Local Staff. Apa itu? Bagaimana prosesnya? Kemanakah gue ditempatkan? Akan gue jawab di sini.

Nah, kira-kira itu sepenggal kisah gue di dunia perkuliahan, dikitttt banget gue ceritain, aslinya mah lebih banyak lagi, tapi buat menggali cerita2 itu harus begadang sama temen2 dulu dan ngobrol dari dzuhur sampe dhuha. Kangen br0 hehehehehehehehehe. Nanti kalau ada kesempatan untuk bertemu, gue harap kita bisa saling memanfaatkannya. Yes.
Wassalam.

Comments